MAMUJU,POROSSULBAR – Secara geografis Polres “Metro” Mamuju adalah Instansi penegak hukum yang berada di ibu kota Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Kabupaten Mamuju dan membawahi 2 Kabupaten, Yaitu Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Mamuju Tengah.

Namun Secara Struktural POLRI, Polres “Metro” Mamuju dibawahi langsung oleh Polda Sulbar dan bertanggung jawab langsung kepada Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si.

Ket.Foto: Kapolres “Metro” Mamuju, AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H.,

Di awal masa Kepemimpinannya pada akhir bulan September 2017 yang lalu, AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H. langsung dihadapkan dengan berbagai macam Momen-momen penting Seperti Pilkades Serentak Kabupaten Mamuju dan Mamuju tengah serta Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Ditambah lagi dengan Permasalahan-permasalahan lainnya Seperti Gangguan Kamtibmas dan gangguan Kriminal yang belakangan ini terjadi dan sempat menghebohkan Masyarakat Kabupaten Mamuju dan Mamuju Tengah.

Salah satu gangguan kriminal yang sempat menghebohkan masyarakat adalah kasus Pencurian dan kekerasan terhadap tukang ojek serta Kasus Pembunuhan di Kecamatan Sampaga dan kasus Pembunuhan di Kecamatan Budong-budong.

Dengan tangan dingin Kasus-kasus tersebut bisa diselesaikan oleh AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H. Dengan cepat dan tuntas, bahkan kasus pembunuhan yang terjadi di kecamatan sampaga tersebut bisa di selesaikan dalam kurung waktu yang sangat cepat, kurang dari 24 jam setelah kejadian.

Tidak sampai disitu, Kasus Pencurian dengan kekerasan terhadap korban Haeruddin (53) tukang Ojek yang menyebabkan Korban kritis, juga berhasil di ungkap oleh Jajarannya kurang dari 1 Minggu, usai melakukan aksinya pelaku langsung melarikan diri ke Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan berhasil diringkus di pelabuhan Wani Kab. Donggala pada saat akan menyebrang ke Kalimantan.

Bukan hanya itu, AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H., juga berhasil memberikan Pengamanan yang sangat baik terhadap Pilkades Serentak Kab. Mamuju dan Mamuju Tengah sehingga Pesta Demokrasi tersebut bisa berjalan Aman, Lancar dan Kondusif.

Pada akhir Tahun 2017 lalu, AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H. kembali menunjukkan kemampuannya sebagai pemimpin di Polres “Metro” Mamuju, dengan Berbekal Pengalaman bertugas sebagai Anggota Polri diberbagai Pelosok Negeri selama 19 Tahun, Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kabupaten Mamuju dan Mamuju tengah juga berjalan dengan Aman dan Lancar.

Selain itu, AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H., juga sangat peduli dan dekat dengan masyarakat serta menerima dengan baik semua Pendapat dan keluhan masyarakat, Hal ini dibuktikan dengan Program-Program Kapolres “Metro” Mamuju yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, Seperti Pemasangan Nomor Telepon Pribadi Kapolres di semua kendaraan dinas Polres “Metro” Mamuju dan Pemasangan Hotline Service Kapolres di batas-batas desa yang ada di kabupaten mamuju dan mamuju tengah.

Salah satu Hal yang patut di acungi jempol dari Kapolres ini adalah ia sangat Mengutamakan Urusan Akhirat dibanding Urusan Duniawi, Meskipun disibukkan mengurus keamanan dan ketertiban di 2 Kabupaten, Ia tetap melaksanakan kewajibannya sebagai umat muslim dengan tidak pernah meninggalkan Sholat 5 Waktu dan selalu Ber puasa Sunnah Senin kamis.

Berbicara tentang Prestasi dan dedikasi dalam bertugas, Orang ini tidak perlu diragukan lagi, Sebelum menjabat sebagai Kapolres “Metro” Mamuju, berbagai Macam kasus besar telah ia bongkar dan selesaikan, salah satunya adalah kasus Penipuan PT. First Travel yang merugikan banyak Jamaah.