MAMUJU, POROSSULBAR – Adanya kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 hasil pemeriksaan PCR, membuat layanan puskesmas Binanga kabupaten Mamuju untuk sementara akan ditutup.

Dan pasien yang terdaftar sebagai rujukan tetap di puskesmas tersebut akan di alihkan ke Puskesmas Rangas kecamatan simboro.

“Hal tersebut terkonfirmasi dari juru bicara tim gugus tugas Mamuju, Andi Rasmuddin (Kamis 30 juli 2020) kepada awak media.

Ia menjelaskan kronologi kontak erat beberapa tenaga medis di puskesmas yang berada di jalan husni tamrin tersebut.

“Bahwa dua hari lalu puskesmas binanga menerima dan membantu persalinan seorang pasien berinisial RU (23) yang ditangani beberapa tenaga medis disana,” jelas Rasmuddin.

Baru hari ini kita terima hasil PCR nya dan ternyata pasien tersebut reaktif dan terkonfirmasi positif terjangkit virus covid-19,” tambahnya.

Sebab itu melalui surat penyampaian Bupati Mamuju kepada Kepala dinas Kesehatan Mamuju serta Camat Mamuju dan Simboro juga lurah binanga dan lurah rangas yang merupakan tindak lanjut dari surat kepala puskesmas binanga.

Diperintahkan kepada pejabat yang dituju segera menyampaikan kepada warganya bahwa layanan puskesmas binanga untuk sementara di tutup selama 14 hari terhitung sejak tanggal dikeluarkannya surat Bupati.

Baca juga: http://porossulbar.com/diduga-sakit-jiwa-anak-tega-gorok-ayah-kandung/

Selain itu dalam surat tersebut juga akan dilakukan sterilisasi gedung PKM binanga serta isolasi kepada semua tenaga medisnya.

Ditambahkan, agar masyarakat yang telah menjadikan puskesmas binanga sebagai rujukan pemeriksaan kesehatan sebagaimana ketentuan dari BPJS kesehatan.

Maka pelayanannya akan dialihkan sementara ke Puskesmas Rangas kecamatan Simboro yang ditandai surat dari Kepala Dinas kesehatan Mamuju yang mengambil acuan dari surat penyampaian Bupati Mamuju tersebut.

“Kita juga sudah komunikasikan ke pihak BPJS kesehatan, hasilnya mereka juga bersepakat pengalihan layanan BPJS yang terlayani selama ini di puskesmas binanga akan dialihkan sementara waktu ke puskesmas rangas,” tutupnya. (**)