MAMUJU, POROSSULBAR – Sebagai seorang personil Polri tentunya harus selalu siap setiap saat  mengayomi masyarakat. Memberikan edukasi dengan cara yang mudah dipahami masyarakat.

Inilah yang gencar di lakukan setiap hari oleh AKP Suhartono.SH.SIK, Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Metro mamuju. Perwira menengah ini giat dalam memberi arahan serta pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Demi menekan tingginya angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak usia sekolah dibawah umur 17 tahun dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), AKP. Suhartono bersama dengan personilnya di Sat Lantas Polres Metro Mamuju akan melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas oleh para pengendara usia anak-anak dengan tilang secara prosedural dan akan menyita sepeda motornya. Hal ini dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas yang berimplikasi pada kecelakaan lalu lintas.

“Kami Sat Lantas Res Metro Mamuju mohon dukungan para orang tua, para guru dan semua elemen masyarakat terkait untuk turut serta untuk mendukung program ini membantu mengingatkan dan menjaga anak-anak kita utamanya usia sekolah agar tidak mengendarai sepeda motor atau kendaraan lainnya sebelum mereka cakap berkendara yang ditunjukan dengan kepemilikan SIM demi keselamatan jiwa dan masa depan mereka, “ujarnya.

Layaknya seorang pimpinan, Suhartono banyak membuat terobosan yang di anggap mampu mengubah image masyarakat dalam berkendara khususnya di Kab Mamuju, memberikan arahan kepada pengendara anak anak agar tidak mengendarai kendaraan jika masih belum mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM).

“AKP Suhartono juga sering melakukan sharing ke sekolah yang dianggapnya bahwa di tempat seperti ini biasanya banyak pengendara muda yang masih perlu di beri arahan tentang cara berkendara yang benar, demi menyelamatkan anak-anak dari kecelakaan lalu lintas baik menjadi pelaku penabrak (anak berhadapan dengan hukum) atau korban laka lantas dengan memberikan edukasi secara persuasif.

“Saya harap, masyarakat selalu sadar tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara, taat akan rambu lalulintas, menggunakan kendaraan sesuai standar pabrikan dan tentunya memakai alat keselamatan berkendara dengan benar, “himbaunya dalam wawancara singkat.

Tak lupa, Suhartono juga menyampaikan kepada para personilnya di Satlantas Polres Metro Mamuju agar senantiasa melakukan operasi rutin dan hunting, dengan melakukan penertiban dengan Tilang serta menyita kendaraan selama sebulan bagi pelanggar agar senantiasa wilayah teritorialnya khusus di Mamuju aman dari segala bentuk pelanggaran lalulintas, “tutupnya. (*/Asr)