Aksi Tanam Rumput Vertiver Digelar Polda Sulbar, Guna Cegah Longsor

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Provinsi Sulbar khususnya Daerahnya berada diketinggian dan dikelilingi lautan serta pegunungan/perbukitan apalagi tekstur tanahnya yang labil tentunya rentan mengakibatkan longsor.

“Menyikapi hal tersebut, Kepolisan Daerah Sulawesi Barat menggelar aksi penanaman rumput pelindung (Vertiver) dan penanaman tanam bakau pelindung yang dilaksanakan di Jl. Arteri, Rujab Bambu dan daerah pegunungan ataupun perbukitan.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan apel pagi yang dipimpin oleh Direktur Obvit dan dihadiri langsung oleh Kapolda Sulbar, para pejabat utama dan seluruh personil Polda Sulbar, Jumat (21/2/2020).

Kabid Humas AKBP Syamsu Ridwan, SIK menyebutkan kegiatan ini untuk mencegah longsor di daerah sekaligus menggalakkan program pemerintah.

Rumput vetiver merupakan sejenis rumput-rumputan berukuran besar dan memiliki banyak keistimewaan. Tanaman ini dapat tumbuh diberbagai bentuk kondisi tanah, areal perbukitan, dataran rendah, daerah rawa dan bahkan pada areal bekas tambang sehingga sangat efektif mencegah longsor.

Akar-akar tanaman ini mampu menahan partikel-partikel tanah sehingga dapat mencegah erosi. Batangnya kaku dan keras, tahan terhadap aliran air.

“Jika ditanam rapat atau berdekatan, akan membentuk pagar dan mampu mengurangi kecepatan aliran air dan menahan matrial sediment,” Jelas Kabid Humas.

Sedangkan penanaman tanam bakau pelindung yang dilaksanakan di Jalan  Arteri sebagai upaya untuk mencegah abrasi,” sambung Kabid Humas.

“Nampak dalam kegiatan tersebut seluruh personil begitu antusias menanam tanaman tersebut sebagai upaya bersama mencegah terjadinya bencana alam. (**)

#Hms.PoldaSulbar