MAMUJU UTARA, POROSSULBAR – Bau Limbah pabrik kelapa sawit PT. Toscano meluas ratusan siswa SMP N 2 Bambalamotu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat terpaksa menggunakan jilbab dan tangan menutup hidung saat belajar, akibatnya ratusan siswa ini mengaku terganggu.

Setelah sempat di keluhkan siswa SD Inpres Kalola, kini bau limbah pabrik PT. Toscano Indah Pratama meluas dan dikeluhkan siswa SMPN 2 Bambalamotu.

Terlihat ratusan siswa SMP N 2 Bambalamotu ini terpaksa menggunakan jilbab dan tangannya untuk menutup hidung agar bau limbah pabrik sawit tersebut tidak terlalu terhirup oleh para siswa.

Akibat dari bau limbah yang di duga dari pabrik PT. Toscano Indah Pratama tersebut, ratusan siswa mengeluh dan tidak konsentrasi belajar akibat bau yang ditimbulkan oleh limbah.

Tina salah seorang siswa SMP N 2 Bambalamotu mengaku terganggu dengan bau limbah pabrik sawit yang kadang datang secara tiba – tiba dan baunya sangat menyengat”.

“Baunya cukup menyengat dan juga sangat menganggu konsentrasi belajar,” ucap Tina.

Siti Aisyah. Guru SMP N 2 Bambalamotu Yang dikonfirmasi mengatakan, Bau limbah yang datang kadang tiba – tiba sangat mengganggu proses belajar mengajar, karena bau limbah tersebut busuk bagai kotoran manusia. Terang Siti Aisyah.

Laporan: Joni/Farid Al-Jawani