POLEWALI,POROSSULBAR – Kelamin ganda (ambiguous genitalia) adalah suatu kejadian langka dimana alat kelamin bayi tidak jelas sebagai alat kelamin laki laki atau perempuan. Pada penderita kelamin ganda, alat kelamin tidak tumbuh sempurna atau bayi tersebut mempunyai dua buah alat kelamin, yaitu alat kelamin laki laki dan perempuan.
Di Dusun Bakoko Desa, Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman. Seorang bayi laki-laki mempunyai kelamin ganda. Muhammad Fadli (5 bulan), putra pasangan Ahmad dan Nurlina, terlahir dengan dua alat kelamin.

Kedua orang tua bayi tidak pernah menyangka jika anaknya mempunyai dua alat kelamin. Mereka baru mengetahuinya setelah Fadli buang air kecil  melalui lubang yang lain. Mereka mengaku, selama lahir tidak pernah memperhatikan ada keanehan pada alat kelamin anaknya.

“Kemarin baru ditahu. Waktu bapaknya lihat dia kencing, karena semenjak lahir kami tidak pernah memperhatikan keanehan pada alat kelamin anak ku” ungkap Nurlina, Rabu (25/05/2016).

Dia pun mengaku selama masa kehamilannya hingga melahirkan, tak pernah merasakan keanehan. “Normal ji, tidak apa-apa. Hanya saja, saya sempat dirujuk ke RSUD Polman, karena saat melahirkan, ari- ari anak saya tidak bisa keluar,” tambahnya.

Sejak merebak kabar ini, warga sekitar langsung memadati rumah Ahmad dan Nurlina. Mereka yang penasaran datang silih berganti melihat bayi. Karena kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi dikampung mereka.

Menurut salah satu bidan dari Puskesmas Mapilli, Husni Sadik mengatakan, awalnya tidak mengetahui ada kejadian seperti itu. Nanti kedua orang tua bayi melapor, baru petugas kami mendatangi rumah orang tua bayi tersebut.

kini bayi mungil tersebut masih berada di rumahnya. Dan akan dirujuk ke RSUD untuk mendapatkan perawatan medis.

“Kami sudah periksa dan memang ada kelainan pada alat kelaminnya. Renacananya kami akan merujuknya ke RSUD Polman,” ujar Husni. (*frd/mps*)