BPN Mamuju Gelar Sosialisasi Kepada Camat dan Kepala Desa Se- Kab. Mamuju

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Kegiatan Strategi Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kab. Mamuju Tahun 2019 yang di gelar Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab Mamuju di D’maleo Hotel, Rabu (19/12/2018).

Kegiatan Pertanahan Mamuju ini dibuka oleh Asisten I Kabag Pemerintahan, Artis Effendi M.Ap. Dan dihadiri sekitar 50 orang peserta. Diantaranya, Lukman Umar ( Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat ), Adri SH ( Kasi Barang Bukti Kejari Mamuju ), serta para staf BPN Mamuju, para camat Kab. Mamuju dan para Kepala Desa dan Lurah se-Kab Mamuju.

“Agus Indra Murti, ST, MT (Kepala BPN Mamuju) mengungkapkan bahwa dari 21 Desa/Kelurahan, 8 Desa/Kelurahan dirancang sebagai Desa lengkap dan sisanya dilakukan secara bertahap.

Untuk dalam bentuk penyerahan sertifikat kepada Pemerintah Desa atau masyarakat itu dilakukan ketika data setelah lengkap dan sertifikatnya sudah siap.

Dan untuk Mamuju terhitung sekitar 8500 bidang dan untuk sertifikat tanah yang sudah dilakukan pengukuran tahun 2018 masih ada yang belum karena data yang belum lengkap,” ungkapnya.

Dalam hal pembiayaan administrasi, Asisten OMBUDSMAN, Nirwana mengungkapkan bahwa pihaknya memantau dalam hal administrasi dan akan melakukan kroscek ketika ada laporan dari masyarakat terkait dengan masalah biaya administrasi yang ditimbulkan dalam proses pengajuan, pengukuran sampai dengan penerbitan Sertifikat. (Irw)