MAMUJU, POROSSULBAR – Setelah melewati polemik berkepanjangan terhadap kepengurusan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kab Mamuju, pasca meninggalnya Alm. Yusri Muis selaku ketua Percasi Mamuju, maka akhirnya polemik itu terjawab sudah.

“Bahkan Bupati Mamuju, Habsi Wahid selaku pelindung / penasehat Percasi Mamuju, dengan tegas hanya mengakui satu kepengurusan Percasi Mamuju yang dianggap sah, yakni Percasi versi Irham yang terpilih sesuai hasil Mandat pelaksanaan Muskalub I tahun 2018 Percasi Mamuju tanggal 22 Pebruari 2018, masa jabatan 2018 – 2022.


“Tidak perlu risau dengan adanya polemik kepengurusan Percasi Mamuju saat ini. Sekarang fokus saja laksanakan kegiatan, masukkan saja program-program kerja melalui Koni Mamuju, “jelas Habsi.

Yang terjadi saat ini, ada kepengurusan lain yang merasa lebih ilegal. Satu kata kunci, pemerintah Kab Mamuju hanya mengakui kepengurusan Percasi versi Irham. Jika ada kepengurusan lain maka saya anggap “abal-abal,” tegas Habsi belum lama ini di Mamuju.

Bupati selaku pembina cabor-cabor di daerah, menekankan agar Percasi Mamuju menyiapkan atlit-atlitnya untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Sulbar yang akan berlangsung di Kabupaten Majene tahun ini.

Rapat Koni mamuju, ketua, Samiran, ketua Bid Organisasi, Taufik, ketua Bid Prestasi, Hanafi, bersama beberapa pengurus Percasi mamuju periode 2018 – 2022, ketua, Irham, ketua 3, Abd. Azis, Bid. Pembinaan, Mansyur dan Bid Pelatihan & pertandingan, Andi Nasmin.

“Saya sudah perintahkan kepada saudara Irham, untuk melakukan pendataan atlit yang akan mewakili Mamuju diajang Porprov III. Nantinya bila berprestasi, maka kami pemerintah akan menyiapkan bonus, bagi atlit yang mampu mengukir prestasi diajang Porprov mendatang, “papar Habsi.

Maka dari itu, segenap insan catur yang ada di Mamuju untuk tetap mempersiapkan diri mengikuti ajang Porprov, sehingga kelak bisa mewakili Sulbar di kasta multi even Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan datang.

Kepengurusan Percasi dibawah kendali Irham juga telah terkoordinasi dengan induk organisasi olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mamuju untuk menyiapkan anggaran persiapan seleksi atlit sampai dengan pelaksanaan Porprov III Sulbar 2018.

Terpisah, ketua Percasi Mamuju terpilih, Irham Azis mengakui telah melakukan proses pendataan atlit – atlit handal yang akan menjadi duta Mamuju diajang Porprov III Sulbar Oktober mendatang.

“Kita telah melakukan pemantauan atlit catur yang akan kita proyeksikan dalam menghadapi ajang Porprov Sulbar. Hal yang pasti, atlit catur Mamuju harus mempersiapkan diri dengan cara meningkatkan latihan agar kelak mampu mengukir prestasi gemilang di ajang bergengsi ini, “pungkas Irham, yang juga Ketua Ikatan Jurnalis Sulbar tersebut. (*/Asr)