Bupati Donggala Ucapkan Terima Kasih Atas Kunjungan Dan Bantuan Korem 142/Tatag Dan Polda Sulbar

MAMUJU, POROSSULBAR – Kabupaten Donggala salah satu Kabupaten yang terdampak gempa 7,4 magnitudo 28 September kemarin menjadi salah satu objek dan tujuan Korem 142/Tatag dan Polda Sulbar untuk mengalirkan bantuan logistik dan memulihkan moril warga ataupun aparat keamanan disana.

Drs Kasman Lassa SH selaku Bupati Kabupaten Donggala mengucapkan terima kasih kepada Korem 142 tatag yang turun dengan personilnya satu peleton dan Polda Sulbar beserta jajaran.

Hal Ini di Ungkapkan Kasman saat rombongan TNI-Polri dari Korem 142/Tatag dan Polda Berkunjung ke Rumah Jabatannya untuk mengkoordinasikan tahap dan prosedur bantuan logistik dan keamanan di Kabupat3n Donggala.

“Alhamdulillah karena Provinsi tetangga yaitu Sulawesi Barat telah banyak membantu Kami Masyarakat Donggala dengan mengirim dan mengawal segala bentuk bantuan kepedulian Kemanusiaan yang masuk ke Daerah Kami yang saat ini terkena musibah Gempa dan Tsunami dibawah pimpinan Kapolda dan Danrem 142/Tatag” Ungkapya saat wawancara.

Lanjutnya, Bupati Donggala juga masih sangat mengharapkan bantuan-bantuan berupa Sembako dan logistik lainnya untuk saat ini mengingat banyaknya masyarakat yang saat ini masih berada dipengungsian karna tempat tinggal mereka hancur di terpa Gempa dan Tsunami.

Karna saat ini menurut data yang dihimpun Pemda Donggala pasca gempa dan tsunami yang melanda daerahnga, ada 2270 rumah rusak parah, 1750 rusak sedang dengan 175 korban jiwa yang sudah teridentifikasi dan sudah dimakamkan secara massal.

Bupati menerangkan bahwa sekarang sekitar 268.561 jiwa pengungsi di Kabupaten Donggala saat ini masih membutuhkan bantuan karna dari 16 kecamatan yang ada, 11 diantaranya saat ini masih lumpuh  juga 158 desa dan 9 kelurahan masih tidak bisa berbuat banyak dan juga lumpu dari segala aktifitas perekonomian dan pangan serta listrik.

Kasman berharap  agar masyarakat Donggala yang terdampak gempa dan tsunami bisa bersabar dalam menunggu bantuan dan logistik dari daerah yang peduli serta akan menyalurkannya secara merata disetiap masyarakat yang berhak mendapatkannya.

Sebelumnya Korem 142/Tatag bersama Kasrem dan para Kasi serta Polda Sulbar beserta PJU melakukan misi kemanusiaan ke 3 kabupaten terdampak gempa dan tsunami dengan membawa bantuan logistik, dan memberikan dukungan moril serta mengkoordinasikan bantuan yang tersalur dan pendistribusiannya.

Tiga Kabupaten yang dikunjungi Korem 142/Tatag dan polda Sulbar ialah Kabupaten Pasangkayu, Donggala dan Palu. (R46)