Bupati Mamuju Dampingi Kajati Sulselbar Kunjungi Proyek Bendung Irigasi Kalukku

 

MAMUJU, POROSSULBAR Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar), Tarmizi, SH, MH,  didampingi Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid, Ketua Dprd Mamuju, Hj. Siti Suraidah Suhardi, Kajari Mamuju, Ranu Indra SH, MH, bersama rombongan.

“Turun memantau Pembangunan Bendung dan Jaringan Daerah Irigasi yang berada di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (18/2/2019).

Proyek pembangunan bendungan dan jaringan daerah irigasi di desa Sondoang, Kalukku Kab Mamuju Prov Sulawesi Barat.

Di sela-sela kegiatan kepada laman ini Kajati Sulselbar mengatakan, bahwa Proyek Pembangunan Bendung dan Jaringan daerah Irigasi agar bisa selesai tepat waktu untuk pelaksanaan, serta dapat dimanfaatkan secara baik oleh lapisan masyarakat.

“Proyek Pembangunan Bendung dan Jaringan Daerah Irigasi ini di bawah Pengawasan TP4, kebetulan saya kunjungan kerja di Mamuju, jadi saya sempatkan untuk singgah melihat langsung seperti apa tahapan pembangunannya.

Karena ada tiga hal yang kami lakukan untuk pendampingan Proyek ini, yang pertama bisa tepat waktu pekerjaannya, kedua bisa tepat mutu atau Kualitas, dan yang ketiga bisa tepat pemanfaatannya dengan baik.

“Jadi tiga hal ini menjadi tugas TP4 untuk melakukan pendampingan pada pelaksanaan Proyek ini,” terang Kajati.

Lebih lanjut, Bupati Mamuju, H Habsi Wahid, juga mengatakan bahwa Bendung dan Jaringan daerah Irigasi ini juga yang akan mengaliri sekitar Tiga Ribu hektar lahan pertanian yang ada di Wilayah Kecamatan Kalukku.

“Kita sangat bersyukur, karena di Kabupaten Mamuju ada Bendungan sebesar ini. Tadi sudah dijelaskan bahwa kapasitas bendungan ini mampu mengairi sekitar Tiga Ribu hektar lebih lahan tani sekitar Pure dan Tasiu.

Dan terkait pembebasan lahan tentu kita lakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat, bahwa bendungan ini adalah kebutuhan masyarakat sendiri,” Kata Habsi.

Di tempat yang sama, Saleh, ST, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Proyek Pembangunan Bendung dan Jaringan Daerah Irigasi Kalukku seluas 96 Hektar dengan Pagu Anggaran sebesar 216 Milyar itu, berharap dengan kunjungan Tim TP4 dalam hal ini Kajati dan rombongan agar kedepannya pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

“Jadi, pembangunan bendung dan jaringan daerah irigasi ini memiliki kapasitas debet air yang rencananya terbagi dua, yang kanan 2,77 dan yang kiri 3,9 dengan empat pintu, yaitu sebelah kanan dua pintu dan sebelah kiri dua pintu.

“Kami berharap dengan kunjungan Bapak Kajati semoga segala hal yang menjadi hambatan dapat lancar dan pekerjaan bisa selesai tepat pada waktu yang ditentukan,” tutup Saleh. (end#)