MAMUJU, POROSSULBAR – Usai melantik tiga kepala desa terpilih, yakni Kades Bonda, Muh Ahsan H, S.Pdi, Kades Papalang, Muliadi M, keduanya berasal dari Kec Papalang, dan satunya lagi dari Desa Karampung Kec Mamuju, Hasdiah, dengan masa jabatan 2018 – 2024.

Dalam arahannya, Bupati Mamuju, Drs H Habsi Wahid, MM  tidak henti-hentinya mengingatkan, bahwa menjadi Kepala Desa itu tidak gampang.

“Meski kita sudah pernah menjadi Kades, lantas kita terpilih lagi, itu akan terus ada tantangannya. Karena ini adalah tugas negara yang dibebankan kepada Kades dan menjadi amanah yang harus diemban untuk rakyat, “ungkap Bupati.

Kepala desa adalah panutan rakyat yang menjadi contoh ditengah masyarakat, serta menjadi orang tua, menjadi saudara, kadang juga menjadi adik atau kakak, dan itu adalah tugas untuk memposisikan diri ditengah masyarakat.

Disaat itu juga, kades seutuhnya menjadi milik rakyat, meskipun saat pemilihan ada sekat-sekat antara tim satu dan lainnya itu sah-sah saja, itulah dinamika demokrasi, karena masyarakat ingin memudahkan harapannya kepada pemimpinnya kelak.

Untuk mendapatkan kesejahtraan dan pelayanan publik yang lebih baik, olehnya kepala desa harus mampu menindaklanjuti keinginan rakyat di desanya.

Pelantikan berlangung di ruang pola Lt III kantor Bupati Mamuju, Senin (5/3/18). Bupati berpesan, ada tiga tugas untuk Kades, pertama tugas Pemerintahan, setelah pelantikan para Kades wajib menyusun program masing-masing, serta menyusun RPJM Desa 6 tahun, RKP Desa tahun 2018 dan menyusun APBD Desa 2018.

Tentu di dalam menyusun semua itu, harus dibantu oleh tokoh-tokoh masyarakat yang ada di desa, Kades juga harus menguasai wilayahnya, termasuk jumlah penduduk desanya.

Kedua, Pembangunan, didalam membangun harus mengetahui ekonomi desa, karena kita akan secara bersama-sama membangun, ikutkan juga jika ada kelompok LSM dan sosial untuk lebih mempercepat pembangunan dengan kerja bersama.

Ketiga, soal Kemasyarakatan, membangun jaringan dengan tokoh-tokoh masyarakat, Camat, Kepolisian, TNI dan juga stakeholder lainnya, utamanya kepada pimpinan daerah sehingga dalam menjalankan tugas kita akan terus membangun kerja sama untuk memudahkan semua kebutuhan masyarakat, serta memberikan pelayanan publik dengan baik.

“Saya berharap kepada tokoh masyarakat yang telah hadir menyaksikan proses pelantikan ini, jikalau pada momen pemilihan ada kesan perbedaan kelompok atau yang lainya dan masing-masing sibuk mengurusi calonnya sendiri kita harus meninggalkan kesan itu, untuk mendukung sepenuhnya Kades terpilih.

Lupakan yang sudah lalu, mulai sekarang kita satukan pemahaman, sehingga Kepala desa juga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Sekali lagi, selamat kepada kepala desa terpilih, “ujarnya. (*/Asr)