Ceramah di Rutan, Sekretaris Ansor Mamuju Semangati Warga Binaan

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mamuju, Ashari Rauf, memenuhi undangan untuk ceramah di Rutan Kelas II B Mamuju.

Di hadapan ratusan jamaah, tepat malam kelima Bulan Ramadhan, Kamis (9/5/19), Ashari Rauf memberikan semangat kepada warga binaan agar menjadikan momentum Ramadhan ini sebagai spirit untuk menata, bermuhasabah dan memperbaiki diri.

“Bulan suci Ramadhan ini adalah bulan mulia, bulan penuh rahmat dan pengampunan. Maka kesempatan di bulan ini sangat besar bagi siapapun untuk menata kembali kehidupan yang lebih baik,” kata Ashari.

“Tak ada satupun manusia yang bercita-cita menjadi penghuni Lapas. Tidak ada manusia yang bercita-cita jadi jahat. Tapi beginilah kehendak yang menjadi garis tangan kita. Dan apapun yang kita jalani sekarang ini, maka laluilah dengan kesabaran untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” sambung Ashari.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini pun menyebutkan, bahwa setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kesalahan harus menjadi evaluasi bagi diri sendiri agar lebih baik.

“Al Insanu Mahallul Khata’i Wannisyan (Manusia adalah tempatnya khilaf). Maka,khilaf dan kesalahan pernah terjadi dalam kehidupan ini harus menjadi pelajaran berharga bagi siapa saja,” ucapnya.

Ashari juga mengajak seluruh penghuni lapas agar banyak berdoa agar diberi rahmat dan mahfirah. Termasuk mendoakan keluarga yang ada di rumah.

“Sesungguhnya saudaraku semua adalah orang-orang mulia. Saudaraku sedang menjalani proses kehidupan seperti sekarang ini. Saudaraku tidak sedang bersama keluarga; Ibu dan bapak, isteri, anak dan sebagainya. Maka dari itu banyaklah berdoa di sini untuk mereka,” pintanya.

Ashari juga menjelaskan kewajiban dan sejumlah keutamaan-keutamaan berpuasa dan memperbanyak ibadah selama Bulan suci Ramadhan.

“Manshouma Ramadhaana Iimaanan Wahtisaaban Gufiralahu Maa Taqoddama Minzanbih. Hadits ini mengajak kita untuk bersungguh-sungguh penuh dengan keimanan beribadah di bulan Ramadhan agar Allah SWT menghapus segala dosa-dosa kita yang telah lalu. Maka isilah Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya ibadah. Insya Allah kita semua akan menjadi pribadi yang bertaqwa,” sebutnya.

Di akhir ceramahnya, Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulbar ini pun mengajak jamaah bersholawat dan berdoa bersama.

“Shalawat itu akan mengangkat derajat kita, dan doa akan mendatangkan magfirah dan berkahnya Allah SWT. Insya Allah ibadah kita akan dilipatgandakan. Allah SWT itu maha rahmah atau pengasih dan penyayang,” tutupnya. (**)