Dalam Musrembangcam, Kecamatan Kalumpang Sajikan Inovasi Baru

MAMUJU, POROSSULBAR – Kecamatan Kalumpang sajikan satu program inovasi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrembangcam).

“Sebagai bahan pertanggung jawaban atas kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2018 lalu dan sebagai usulan perencanaan kegiatan terhadap pembangunan daerah di tahun 2019 ini.

Setiap Kecamatan di jadwalkan untuk melakukan Musrembang di tingkat Desa, yang kemudian di naikkan ke tingkat Kecamatan. Untuk kecamatan Kalumpang sendiri, pelaksanaan Musrembangcam dijadwalkan, Senin (4/3/2019).

Dalam kegiatan Musrembangcam yang dihadiri oleh Asisten I bidang Pemerintahan yang mewakili Bupati Mamuju, pemerintah Kecamatan Kalumpang menyajikan satu program inovasi, yaitu Rumah Kreatif yang merupakan bagian dari peningkatan Ekonomi Rakyat di Kecamatan Kalumpang. Hal ini disampaikan oleh Camat Kalumpang Abram, S.Ip., dalam laporannya.

“Rumah Kreatif ini sengaja kami bentuk sebagai salah satu inovasi dalam usaha peningkatan Ekonomi Masyarakat Kalumpang, karena banyaknya hasil kreatifitas dari masyarakat yang bernilai ekonomis dan dapat meningkatkan pendapatan dari masyarakat itu sendiri,” ucap Abram.

“Program ini juga diharapkan menjadi salah satu program andalan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di Kecamatan Kalumpang sendiri,” terangnya.

Selain itu, dalam laporanya kepada Asisten I yang hadir mewakili Bupati Mamuju saat Musrebangcam, Abram mengungkapkan, untuk menuntaskan kepemilikan E-KTP, Akte Kelahiran dan Dokumen Kependudukan lainnya dari 13 Desa yang ada di Kecamatan Kalumpang pada tahun ini, maka tetap digalakkan pelayanan Paten Masuk Desa.

Dalam kegiatan Musrembangcam itu pula, Camat Kalumpang menyampaikan komitmennya untuk menuntaskan perekaman E-KTP dan memfasilitasi Anak-anak SD se-Kecamatan Kalumpang untuk menerbitkan Akte Kelahiran mereka secara Kolektif.

“Kami berkomitmen untuk menyelesaikan proses perekaman E-KTP di Kecamatan Kalumpang pada tahun ini dan kami juga akan memfasilitasi anak-anak SD se-Kecamatan Kalumpang untuk menerbitkan Akte Kelahiran mereka secara kolektif,” tutup Abram. (**)