MAJENE, POROSSULBAR – Kodim 1401 Majene menggelar wawasan kebangsaan (Wasbang) di SMK Neg 2 Majene, Jalan Dr. Ratulangi Kec Banggae Timor, Kab Majene, Selasa [13/2].

“Dandim 1401/ Majene, Letkol Inf Rahman, memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa siswi SMK Neg 2 Majene, dan di ikuti para Guru dengan peserta kurang lebih sekitar 410 orang.

Materi Wasbang yang disampaikan Letkol Inf Rahman, meliputi : 4 pilar kebangsaan bahwa Pancasila merupakan 4 konsensus dasar bangsa, antara lain Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pancasila juga merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan Esensi nilai-nilai Pancasila adalah Nilai Religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan, “jelas Rahman.

Keberagaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa, Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang besar kumpulan suku, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah NKRI.

“Lanjut dijelaskan, keberagaman harus menjadi kekuatan, untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI.

Bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis, kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut agama, saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

Apalagi semboyan Bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengandung arti Walaupun kita berbeda tetapi tetap satu jua.

Dandim 1401/Majene, juga menyampaikan kepada siswa siswi SMK Neg 2 Majene, akan bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda, serta menegaskan agar generasi muda menjauhi penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

Kegiatan belajar yang dilakukan saat ini, tidak hanya untuk memperoleh pengetahuan saja, tetapi juga belajar agar dapat menjadi orang yang berguna sesuai dengan minat, bakat dan potensi diri, serta belajar untuk dapat hidup bersama dengan orang lain, “tutupnya.  (*/Asr)