Dandim 1418/ Mamuju Buka Latnistis di Koramil Tapalang

MAMUJU, POROSSULBAR – Komandan Kodim (Dandim) 1418/ Mamuju, Letkol Inf Jamet Nijo membuka pelatihan teknis dan taktis (latnistis) Koramil Kodim 1418/ Mamuju di Koramil 1418-02/ Tapalang, Jalan Poros Mamuju- Majene, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar, Selasa (12/3/2019).

Sekitar 50 orang hadir dalam pembukaan latnistis ini diantaranya Pasi Ops Kodim 1418/Mamuju, Danramil 1481- 02/Tapalang, Danramil 1418 -5/Kalumpang Pasi Pers Kodim 1418/Mamuju, para perwira, bintara dan tamtama serta seluruh peserta latihan.

Pada kesempatannya Dandim 1418/Mamuju mengucapkan selamat kepada para peserta latihan teknis dan taktis, Koramil 1418-02/Tapalang yang telah mendapat kesempatan untuk menjadi peserta kegiatan Latnistis Koramil tahun anggaran 2019.

Kegiatan Latnistis Koramil ini bertujuan untuk membekali Babinsa agar dapat meningkatkan pengetahuan 5 kemampuan ter, sikap teritorial dan bintahwil, sehingga akan diperoleh kesamaan pola pikir.

“Tindakan yang efektif dan efesien dalam pelaksanaannya dan memperoleh hasil yang optimal dalam menyikapi situasi dan kondisi yang berkembang di wilayah saat ini hanya bisa tercapai jika ada kesamaan pola pikir,” ujar Dandim.

Lanjutnya, bahwa salah satu dinamika kehidupan masyarakat yang mengemuka saat ini adalah tumbuh dan kembangnya paham radikal dan berbagai ajaran yang menyimpang, baik dari konstitusi yang berlaku maupun dari ajaran agama yang benar.

“Dalam kaitan itu sangat diperlukan kemampuan bagi para aparat Koramil untuk dapat mendeteksi secara dini berbagai dinamika di tengah masyarakat tersebut, termasuk yang terkait dengan penyebaran paham radikal dan berbagai ajaran yang menyimpang,” lanjut Dandim.

Untuk itu, seiring dengan tuntutan tugas yang semakin tidak mudah dan kompleks, para aparat Koramil yang langsung bersentuhan dengan berbagai komponen masyarakat mempunyai tugas tanggung jawab yang mulia dan senantiasa mengasah kemampuan diri.

“Untuk itu saya minta agar kalian-semua secara tulus dan ikhlas berupaya terus menerus untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan, sehingga terwujud kualitas aparat Koramil yang memiliki daya nalar dalam berolah pikir serta mahir memecahkan berbagai permasalahan tugas di lapangan,” tegas Jamet Nijo. (**)