MAMUJU, POROSSULBAR – Aliansi Wartawan Sulawesi Barat (AWAS) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor BI Perwakilan Sulawesi Barat, yang terletak di jalan Pettarani Mamuju, Selasa (24/4/18) pukul 10.00 wita.

Aksi unjuk rasa ini dimotori berbagai organisasi pers diantaranya, Ikatan Jurnalis Sulbar ( IJS), Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulbar dan Jurnalis Online Indonesia (Join) Sulbar. Tak pelak, telur pun menghujani gedung Kantor BI sebagai bentuk kekecewaan atas cuitan kepala perwakilan BI Sulbar, Dadal Anggoro.

Salah seorang orator aksi AWAS, Ashari Rauf, dalam orasinya mendesak kepada Gubernur BI agar mencopot kepala BI perwakilan Sulbar, karena ditengarai telah menciderai profesi jurnalistik.

Ia juga mendesak kepada Kapolda Sulbar untuk segera memeriksa dan menangkap kepala BI Sulbar sesuai dengan amanah UU Nomor 11 tahun 2008, tentang informasi dan transaksi elektronik dan UU Nomor 40 tahun 1999, tentang pers.

Selama ini, wartawan di Mamuju telah memberikan kontribusi positif yang telah membantu BI dalam menyampaikan informasi kepada publik. Sayangnya, kerja kerja jurnalis terciderai atas ciutan pak Dadal Anggoro, yang menganggap banyak wartawan taunya hanya copy paste.

Usai melakukan aksi di depan BI Sulbar, para Wartawan langsung melaporkan kepala BI ke kantor Polda Sulbar dan diterima langsung Dirkrimsus Polda Sulbar, Kombes Wisnu Andayana bersama Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura dan Kapolres Mamuju, AKBP, M Rifai Arvan.

“Ashari berharap, kasus ini ditangani secepatnya oleh aparat Polda, demi tegaknya penegakan supremasi hukum di Sulbar.

Ketua IJS, Irham Azis juga menyesalkan ciutan pak Dadal Anggoro yang sama sekali tidak mencerminkan pribadi yang santun dan memiliki budi pekerti.

Karena itu, kasus yang telah dilaporkan ke Polda Sulbar ini akan terus dikawal hingga persoalan ini menuai titik terang.

Meski sempat di warnai ketegangan antara massa aksi dengan Satpam BI, namun aksi unjuk rasa kali ini berjalan normal, hingga massa aksi pun membubarkan diri. (*/Asr)

#Rilis.Acho#