Di Mamuju, Jokowi Bicara Inovasi Teknologi Pertanian Untuk Petani Kakao

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, akan berkampanye di hadapan para pendukungnya di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/03/2019). Jokowi akan mengangkat isu inovasi teknologi pertanian bagi petani kakao.

Seperti diketahui, Mamuju menjadi wilayah penyumbang kakao terpenting bagi  Sulawesi Barat. Provinsi ini menyumbang 24 persen produksi kakao nasional.

Salah satu isu yang akan diangkat Jokowi di Mamuju soal bagaimana inovasi dan teknologi pertanian bisa dikembangkan. Jadi, petani-petani kakao di Mamuju menjadi petani canggih dan produksi kakao meningkat dengan kualitas yang baik.

“Hal ini sudah tercemin dari alokasi APBN-P 2019 sebesar Rp1,4 triliun khusus untuk pengembangan kakao,” ujar Fiki Satari, Direktur Konten Tim Kampanye Nasional (TKN).

Potensi pengembangan kakao sangat luas. Kata Fiki, turunan dari produk kakao bisa dikembangkan lebih luas lagi melalui hilirisasi kakao
Inovasi-inovasi dan teknologi pengolahan kakao akan terus dikembangkan agar nilai tambah kakao meningkat. Akhirnya, kesejahteraan petani kakao yang terangkat, dan penghasilan UMKM juga meningkat.

Selain itu, pendampingan dan peningkatan akses modal juga akan terus ditingkatkan agar produktivitas petani semakin tinggi. Revitalisasi dan rehabilitasi tanaman kakao rakyat juga akan menjadi program penting untuk 5 tahun ke depan. (**)