Dirbinmas Polda Sulbar Resmi Buka Diklat Gada Pratama Ang.V  PT. KCB

MAMUJU, POROSSULBAR — Dalam rangka menciptakan SDM di bidang jasa keamanan yang memiliki kompetensi sesuai standar uji yang berlaku PT. Kinerja Cipta Bersama (KCB) Mamuju menggelar Pendidikan dan Pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) kualifikasi Gada Pratama yang dilaksanakan di Hotel Tomakaka Mamuju, Selasa (20/8/2019).

Direktur PT. KCB, Dwi Imas Saputra mengatakan bahwa Diklat Satpam Gada Pratama ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari sejumlah wilayah di Sulbar.

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Dirbinmas Polda Sulbar, Kombespol Yoyoh Indayah. Pendidikan dan Pelatihan Satpam tersebut telah kali ke Lima dilaksanakan oleh PT. KCB,” tandasnya.

Dalam sambutannya, Dirbinmas Polda Sulbar berharap kepada para peserta untuk dapat serius mengikuti pelatihan sehingga mampu menjadi Satpam yang unggul dan berkompeten di tempatnya bertugas sekaligus menjadi perpanjangan Polri di tengah masyarakat.

“Industri sekurity atau pengamanan ini sangat dibutuhkan, terlebih dengan perkembangan pembangunan Sulbar saat ini.

Olehnya, saya berharap kepada para peserta maupun instruktur untuk serius dalam pendidikan dan pelatihan ini sehingga seluruh materi dapat dikuasai dan diimplementasikan nanti,” sebut Yoyoh Indayah

Tak lupa juga ia berpesan agar kedisiplinan selalu dijaga dan ditingkatkan agar menjadi kebiasaan saat bekerja nanti.

Selaku Dirbinmas Polda Sulbar juga ia mengingatkan agar peserta yang telah mengikuti pelatihan nanti dan memperoleh sertifikat kompetensi Gada Pratama untuk melaporkan pihak yang menyelenggarakan pengamanan dengan menggunakan atribut Satpam tapi tidak memiliki sertifikat kompetensi.

“Sesuai Perkapolri No 24 tahun 2007, Satuan pengamanan harus memiliki kualifikasi atau kompetensi yang dikeluarkan secara resmi oleh Polri.

Jika ada yang menggunakan atribut Satpam tapi tidak memiliki kualifikasi kompetensi saya harap agar dilaporkan kepada kami untuk kemudian kami tidak lanjuti dan memberikan sanksi pencopotan atribut,” pungkas Dirbinmas Polda Sulbar itu.

Pendidikan dan pelatihan satuan pengamanan tersebut akan dilaksanakan selama dua Minggu mulai dari tanggal 20 Agustus – 6 September dengan jam belajar sebanyak 232 jam.

Salah seorang instruktur pelatihan Satuan pengaman tersebut, Ahmad menyampaikan bahwa sejumlah Materi akan dilaksanakan baik Indoor maupun Outdoor.

“Materi dasar tentang pengamanan akan kami berikan, baik materi dalam ruangan atau luar ruangan, diantaranya senam borgol, latihan bela diri, teknik pemadaman kebakaran hingga LKBB selama 12 hari,” sebut Ahmad.

Dengan pelatihan tersebut, para peserta diharap mampu menjadi profesional yang memiliki wawasan dan pengetahuan sesuai tingkatan kualifikasi satuan pengamanan serta membentuk sikap mental yang kuat. (**)