MAMUJU, POROSSULBAR – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) periode 2018 -2020 resmi di lantik oleh ketua DPD I KNPI Provinsi Sulbar Ali Chandra Hapati Hasan.

“Bupati Mamuju, H Habsi Wahid yang menyaksikan pelantikan itu mengaku bahagia, pasalnya sejak bulan Mei 2017 lalu, Musyawarah Daerah telah dilakukan untuk memilih ketua KNPI yang terbaik di Mamuju, dan proses itu telah berjalan dengan baik dengan cara demokrasi.


Tentu saat itu banyak hal dan pendapat perlu disatukan, karena memang NKRI terdiri dengan kebinekaannya, meski banyak perbedaan, tetapi kita tetap satu dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Didalam proses perjalanan ini, ketua KNPI Prov Sulbar telah meyampaikan proses Musda itu telah berjalan 3 kali, dan yang membuat malam ini saya merasa bahagia, karena di dalam penantian itu ternyata semangat ketua KNPI bersama semua pengurus yang menanti sampai 5 bulan baru malam ini dikukuhkan.

“Selamat kepada Selvi sebagai Ketua DPD II KNPI Kab Mamuju dan seluruh jajaran pengurus KNPI, yang semua adalah pemuda pilihan yang memiliki peluang dan menjadi kader pemimpin masa yang akan datang.

Saya berharap kepada pengurus yang dilantik, utamanya para pemuda karena tanpa keterlibatan pemuda kita tidak dapat mewujudkan Mamuju menjadi maju dan sejahtera, karena ditangan pemudalah bisa menjadi lebih maju, “katanya.

“Istimewanya, dimomen pelantikan itu juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP KNPI M. Rifai Darus, ia berpesan, jadi pengurus KNPI itu berat, jadi biar kita saja, yang lain tidak usah, kalimat yang sangat populer dikalangan remaja jaman now, akibat munculnya film Dilan 1990.

Dimana menjadi pesan pembuka, yang tentu membuat seisi ruangan Merak D’maleo Hotel & Convention, Sabtu (3/3/18) menjadi sumringah utamanya bagi para pemuda yang baru dilantik.

Kenapa? karena memang tahun 2018 adalah tahun demokrasi menuju pemilihan umum 2019, dan KNPI tentu tak ingin ketinggalan di momen demokrasi itu, sehingga bulan Juli saat ulang tahun KNPI.

DPP akan mengundang semua pimpinan KNPI dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai ketingkat Provinsi seluruh Indonesia yang berjumlah kurang lebih 10.000 pemimpin, untuk hadir mendeklarasikan 10 nama terbaik putra/putri seluruh Indonesia yang siap menjadi wakil dan presiden Indonesia.

Nantinya di Rapat Kerja Nasional, KNPI akan mengumumkan 25 nama calon pemimpin Indonesia dari 25 nama itu kita akan survei dengan lembaga survei independen sebanyak 2 lembaga survei yang akan melahirkan 10 nama calon pemimpin Indonesia yang kita akan umumkan pada ulang tahun KNPI, “ujarnya.

Selain itu, Ali Chandra juga mengucapkan selamat bekerja, selamat menata kembali organisasi kepemudaan untuk lebih bisa di berdayakan, jangan lupa bahwa sebagai simbol tetaplah bangga menjadi pemuda Indonesia, berdayakanlah kembali pengurus KNPI kecamatan.

“Karena disanalah titik bertemunya persoalan kemasyarakatan yang perlu kita benahi, jangan lupa bahwa masyarakat juga ada buku yang harus kita pelajari dan perlu kita benahi dimana permasalahanya yang harus di tuntaskan.

Ketua KNPI terpilih DPD II KNPI Kab Mamuju, Selvi Febriana juga menyampaikan hari ini adalah hari yang bersejarah, saya berdiri di podium ini membawa nama ketua, artinya ini menjadi amanah yang begitu penting untuk saya emban.

Dan memiliki makna yang dalam sebagai sumpah agung untuk diucapkan, saya bersyukur kehadiran kita semua timbul rasa kebersamaan dan tanggung jawab untuk terus bekerja dan menjadi lebih baik, saya percaya dengan seribu langka kedepan itu ditentukan dari satu langkah kita hari ini.

“Di akhir acara tersebut, ditutup dengan penyerahan Peraturan Daerah (PERDA) Pemberdayaan Pemuda dan Penyerahan Project Property Pembangunan Gedung Diklat Pemuda Kabupaten Mamuju.  (*/Asr)