MAMUJU,POROSSULBAR – Bank Indoensia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar menggelar donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kami menggalar aksi donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. selain itu, dapat membantu stok di bank darah PMI,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonseia (BI) Sulbar, Dadal Angkoro, Kamis (18/01).

Kegiatan yang bertempat di halaman Kantor Perwakilan BI Subar tersebut diikuti oleh kalanga perbankan,OPD dan masyarakkat umum yang ingin mendonorkan darah.

Kegiatan donor darah ini akan rutin digelar, dimana sesuai dengan data kemenkes tahun 2017, berdasarkan standar WHO jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong darah pertahun atau 2 persen dari jumlah penduduk indonesia.

“Produksi darah kita di Indonesia dan komponennya saat ini sabanyak 4,1 juta kantong dari 3,4 juta donasi. dari jumlah dara yang tersedia, 90 persen diantaraya berasal dari donasi sukarela,” katanya.

Ketua PMI Sulbar, Hj Enny Anggraeni Anwar yang juga Wakil Gubernur Sulawesi Barat saat menghadiri aksi donor darah di kantor Perwakilan BI Sulbar ia mengatakan, mari kita galakkan aksi donor darah melalui kegiatan ini tentunya menjadi suatu kehormatan untuk kita semua, karena kita semua masih diberikan kesempatan menjadi seorang yang masih memberikan manfaat untuk orang lain.

“Untuk memenuhi kebutuhan darah, itu semua tidak mudah, karena msih banyak peralatan-peralatan operasional UTD PMI Sulbar yang tidak kami miliki seperti, centrifuge, incubator, mikroskop, plasma extrator, reagensi uji saring, dan masih banyak lagi lainya. karena alat2 tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar,” papar Hj. Enny Anggraeni Anwar.

UTD PMI Subar memliki dua unit mobil operasional UTD dan 1 unit blood refregerator, alat tersebut mmerupakan bantuan dari Bank Sulselbar.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bank Inndonesia yang telah memberikan bantuan peralatan unit transfusi darah berupa medical refrigerator dan electrical sealer rrc. semoga bisa menunjang operasinonal UTD PMI Sulbar,” tutupnya.