Hadiri Rakor Dengan Mitra Kerja Bawaslu, Ini Harapan Wakapolres Mateng

MATENG, POROSSULBAR – Tahapan demi tahapan persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah (Mateng) sedang berjalan.

“Sejalan dengan launching Bawaslu RI mengenai indeks kerawanan pemilihan (IKP) Pilkada serentak tahun 2020.

Dimana, Kabupaten Mateng berada diperingkat ke tujuh kategori rawan pemilihan Kabupaten/Kota.

Menyikapi hal tersebut, Bawaslu Mateng melakukan langkah antisipasi dengan menggelar rapat koordinasi, dimana melibatkan unsur kepolisian dan beberapa instansi yang terkait dalam pemilihan.

“Kehadiran Polri, TNI, BIN dan BINDA yang diharapkan akan mampu menguatkan koordinasi untuk mencegah potensi konflik horizontal dan vertikal berdasarkan pemetaan dari IKP.

Dalam rapat tersebut, Wakapolres Mamuju Tengah, Kompol Ramli yang didampingi oleh kasat intelkam Polres Mamuju Tengah Iptu suyuti berharap hasil rapat kali ini benar-benar bisa di aplikasikan di lapangan.

Berkaitan dengan permasalahan Pilkada, perlunya sinergitas yang baik antara KPU dan Bawaslu selaku pihak penyelenggara agar konsisten dengan aturan yang berlaku,

“Menurutnya, Jika ada permasalahan segera selesaikan dari bawah, jangan sampai dibiarkan naik sampai keatas dan menjadi semakin rancu penyelesaiannya,” lanjutnya.

Berbicara soal netralisasi ASN, Ia menyarankan perlu adanya sosialisasi di seluruh dinas untuk memperjelas batasan-batasan ASN.

“Terkait netralisasi ASN, memang susah aplikasinya di lapangan sehingga perlu penekanan melalui sosialisasi di seluruh Dinas yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten Mamuju Tengah untuk memperjelas batasan-batasan ASN sesuai aturan yang berlaku,” sarannya.

Rapat Koordinasi yang digelar di ruang Rapat Kantor Bawaslu Mateng tersebut dihadiri oleh Wakapolres Mateng, Elmansyah ketua Bawaslu Mateng, Mayor. Inf. Sahabuddin Pabung Kodim 1418/Mamuju di Mateng, Iptu Suyuti (kasat intelkam Polres Mateng), Busdir kepala BKPP Mateng, Makmur kasubbag TU Kesbangpol Mateng, Nasrul ketua KPU Mateng, Anshar Tahir koordinator Satpol PP Kabupaten Mateng, Akbar As’ad sekretaris dinas sosial Mateng, perwakilan Disdukcapil Mateng, Kemenag Mateng, serta para komisioner Bawaslu dan KPU Mateng di aula kantor Bawaslu Jalan Daeng Macirrinae Benteng, desa Tobadak Kec. Tobadak Kabupaten Mateng, Selasa(3/3/2020).

#Hms/Wenttry