MAMUJU,  POROSSULBAR – Nenek Hasamu (70) hidup sebatangkara di Lingkungan Kampung Baru, Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. Satu daerah yang tak jauh dari Kota Mamuju.

Nenek Hasamu tidak pandai berbahasa Indonesia, ia menempati gubuk beratapkan daun sagu, beralaskan papan yang rapuh dan ringkih serta diterangi lampu pijar sederhana dikebun milik warga. Suaminya telah meninggal sejak 3 tahun lalu.

Membaca berita mengenai Nenek Hasamu, Anggota DPR-RI Dapil Sulbar dari Fraksi Demokrat Muh. Afzal Mahfuz tergerak hatinya untuk memberikan bantuan biaya hidup, lantaran nenek Hasamu membiayai hidupnya dengan menjual sapu lidi yang dijual dan dihargai Rp.3000/ikatnya.

Ket.Foto: Staf Anggota DPR-RI Muh. Afzal Mahfuz Saat Akan Menyalurkan Bantuan.

Afzal Mahfuz mengutus stafnya untuk memberikan bantuan tersebut ke Nenek Hasamu di Lingkungan Kampung Baru, Kelurahan Bebanga Kecamatan Kalukku. Jumat,1/12/2017

“Saya menyalurkan bantuan dari Bapak Afzal berupa sembako dan sejumlah uang tunai, guna meringkankan beban hidup Nenek sehari – hari,”ucapnya.

Disela – sela penyerahan bantuan tersebut, ia menjelaskan bahwa Bapak Afzal tidak sempat datang langsung untuk menyerahkan bantuan tersebut karena ada agenda lain yang tak kalah pentingnya.

“Melalui kesempatan ini, Bapak Afzal berharap bantuan yang ia berikan dapat membantu kehidupan nenek Hasamu dan untuk masyarakat terutama pemerintah setempat tergugah hatinya dan segera menyalurkan bantuan lainya,”kata Galih.

Melalui  stafnya,  Afzal Mahfuz mengatakan bahwa seharusnya pemerintah dengan sigap memberikann bantuan kepada warga tidak mampu seperti ini. Saya berharap kepada pemerintah setempat untuk segera menyalurkan bantuanya, terutama dinas terkait.

“Beliau sangat prihatin kepada nenek Hasamu karena ditinggal oleh ketujuh anaknya, dan insya Allah bila ada kesempatan. lain, Bapak Afzal akan mengunnjungi nenek Hasamu,”tuturnya.

Afzal Mahfuz menyampaikan kepada masyarakat di media sosial atau masyarakat setempat yang mengetahui kisah pilu nenek Hasamu, untuk tergerak hatinya dan menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Laporan: Farid Al-Jawani