MAMUJU, POROSSULBAR – Meskipun hanya sebagai organisasi pers lokal, Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJS) patut diapresiasi dan diacungi jempol.

Betapa tidak, gerakan yang dilakukan selama ini bukan hanya sekadar membangun kesolidan bersama dalam menjalankan tugas jurnalistik, namun juga sangat peduli terhadap hal-hal keagamaan dan persoalan bersentuhan langsung dengan kehidupan sosial di sekitarnya.

Terbukti, hari ini Sabtu (9/12/17), jajaran pengurus dan anggota IJS menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW, dan mengunjungi rumah warga kaum dhuafa serta panti asuhan, guna memberikan sedikit bantuan sembako.

Rumah warga yang dikunjungi pertama adalah Habasiah, nenek 70 Tahunan yang tinggal berdua dengan anaknya, Masri (22), tinggal di gubuk reot di persimpangan jalan Wr. Monginsidi, Kelurahan Binanga, Mamuju.

Rumah Habasiah, jl. Monginsidi Mamuju

Nenek Habasiah ini sehari-harinya mencari siput di sungai dan ia jual ke pasar. Biasanya, ia peroleh hasil dari jualannya itu sebesar Rp 15.000 /hari. Selain mencari siput, Nenek ini juga merajut atap dari daun nipa.

Sementara, anaknya jadi buruh bangunan. Dari hasil itulah yang mereka gunakan untuk menghidupi kebutuhan sehari-harinya.

Dalam kesempatannya berkunjung ke kediaman Habasiah, melalui ketua IJS, Irham Azis, menyerahkan bantuan sembako, sebagai wujud kepedulian kepada sesama.

Tak lupa, Nenek Habasiah pun diminta oleh IJS agar senantiasa mendoakan para jurnalis didaerah ini agar senantiasa dilindungi dari berbagai masalah saat menjalankan tugas dilapangan, sekaligus didoakan agar rejeki semakin bertambah.

“Terimakasih anaku iyanasanna atas bantuanta’. Malangka sunga’ta’, masempo dalletta’ (Terimakasih atas bantuannya, semoga panjang umur dan senantiasa mendapat rejeki yang halal, red), “ucap Habasiah dengan bahasa Mamujunya.

Setelah itu, IJS pun bergerak menuju pondok pesantren dan Panti Asuhan Al-Munawarah di Salutalawar, Kecamatan Mamuju. Di sana, IJS diterima langsung oleh pimpinan Yayasan Al-munawarah, Zakariah, dan jajaran pengurus serta para santri Yayasan Panti Asuhan Al-Munawarah.

Ketua IJS, Irham Azis juga langsung menyerahkan sembako, berupa beras, telur, mie instan dan bantuan lainnya.

“Semoga ini bermanfaat dan mengurangi beban para santri dan anak-anak yatim di panti asuhan ini. Doakan kami agar senantiasa mendapat berkah dan lindungan dari Allah SWT. Insya Allah, di lain kesempatan kami akan datang kembali untuk berbagi, “kunci Ketua IJS dua periode ini.

Setelah penyerahan bantuan, Ketua IJS bersama pengurus yang didampingi Dewan Etik dan Dewan Kehortmatan juga berkeliling ruang kelas untuk melihat kondisi bangunan sekolah di Panti Asuhan tersebut. (*/Asr)