IJS Peringati Hari Pers Dengan Dialog Publik, Yang Dikemas Ala “ILC”

MAMUJU, POROSSULBAR – Kekompakan dan soliditas yang dimikili Keluarga Besar Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS) tak perlu diragukan lagi. Betapa tidak, diusianya yang ke 5 tahun, IJS semakin menampakkan sinergi dan kebersamaan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

Hal itu, juga dapat di lihat dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-73 Tahun 2019, yang digelar IJS di Mako Kodim 1418 Mamuju, Sabtu (9/2/2019) malam tadi.

Kegiatan yang dikemas ‘ala ILC‘ di salah satu stasiun TV swasta itu mengangkat tema “Mengawal Pesta Demokrasi 2019, Demi Kemajuan Pembangunan”, dan disiarkan langsung melalui TVRI Sulbar dan Radio Republik Indonesia (RRI) Stasiun Mamuju.

Pantauan porossulbar.com, kegiatan ini berjalan meriah dan nampak sangat profesional. Hal ini, tentu berkat kerjasama oleh tim work yang baik di tubuh IJS. Juga tak terlepas dari peran Ketua IJS, Irham Azis, yang cukup mumpuni memimpin organisasi dan mengarahkan pengurus IJS selama ini.

Meski usianya terbilang masih muda, 5 Tahun, namun IJS mengukir kegiatan sebanyak 3 kali di momentum HPN, dengan desain kegiatan yang sama, bak ILC di TV One. Acara ini pun di pandu oleh wartawan lokal yang juga bagian dari keluarga besar IJS, Ashari Rauf.

Narasumber yang hadir malam tadi, pun merupakan pembicara yang sangat kompeten untuk mengulas tema yang disediakan IJS.

Mereka yang hadir di antaranya, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar, Ketua KPU Sulbar, Rustang, Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo, Kabinda Sulbar, Susetyo Karyadi, Rektor Unika, Sahril, Komisi Informasi Provinsi Sulbar, Andi Facriadi Kusno, Kepala Ombudsman Sulbar, Lukman Umar serta Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan Sulbar, Rudianto.

Hadir pula perwakilan Pimpinan Partai Politik, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi mahasiswa dan para wartawan.

Kesemuanya di beri kesempatan berbicara menyampaikan gagasan, perspektif, ide konstruktif dan komitmennya mengawal pesta demokrasi Sulbar agar berjalan aman, damai dan kondusif.

Ketua IJS, Irham Azis dalam arahannya mengajak semua pihak agar menjadikan momentum Pemilu ini melahirkan komitmen bersama dalam mengawal demokrasi yang aman, damai dan lancar.

“Kami dari IJS menganggap dialog yang di kemas malam ini sangatlah penting, karena beberapa bulan lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi.

Olehnya, kami mengajak semua masyarakat Sulbar agar menjadikan pesta demokrasi Pemilu ini untuk kemajuan pembangunan. Pesan saya, tetap jaya jurnalis, tetap solid dan selalu memperjuangkan hak-hak jurnalis di Sulbar,” kata Irham.

IJS juga menayangkan kaleidoskop terkait potret perjalanan Pemilu di Sulbar. Hal ini, untuk mengingatkan semua pihak utamanya penyelenggara Pemilu bahwa masih terdapat sejumlah persoalan kepemiluan yang mesti ditata, diperbaiki dan dikawal secara bersama-sama.

Dalam kesempatan dialog tersebut, seluruh pembicara juga memberikan pujian dan sanjungan kepada IJS di momentum Hari Pers Nasional ini. Termasuk, memuji keterlibatan Pers selama ini dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Sulawesi Barat.

Pun, hampir seluruh narasumber berpesan kepada pers atau wartawan di Sulawesi Barat agar tetap menjaga independensi, menjadi media penyejuk, mengedukasi publik dan menginformasikan peristiwa yang valid dan tidak berpihak.

Sementara itu Sekretaris Umum IJS, Jawaluddin Daeng Paindo mengatakan bahwa, IJS menggelar dialog mengawal pesta demokrasi 2019 ini, agar warga merasakan demokrasi yg sesungguhnya, karena membuat mereka bergembira menyalurkan hak politiknya.

IJS pun prihatin dengan rendahnya partisipasi Pemilu, tingginya angka kejahatan demokrasi, dan menurunnya indeks demokrasi Sulbar, sehingga membuat keprihatinan.

Lanjut dikatakan, terjun bebasnya indeks demokrasi Indonesia di Sulbar sebesar 4, 63 poin, menjadi tolak ukur jika pengawalan demokrasi belum sepenuhnya berhasil. Peran serta semua pihak, diharapkan dapat membuat sistem demokrasi dapat berjalan sesuai amanah konstitusi.

Belum lagi, netralitas penyelenggara dan aparat yg masih jadi pertanyaan,” tutup Sekum IJS, yang akrab disapa Awal.

Selamat Hari Pers Nasional ke 73 Tahun 2019. IJS tetap jaya dan jaga solidaritas. (**)