Kabiro Ekbang: Pengadaan Barang/ Jasa Salah Satu Fokus Yang Perlu Ditingkatkan

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Dalam rangka mendorong sinergitas pengadaan barang/jasa pemerintah, dimulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan, keuangan dan pengawasan.

Pemprov Sulbar bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, menggelar acara Knowledge Sharing Forum Optimalisasi Kualitas Pengadaan Barang/Jasa, di Grand Maleo Hotel dan Convention Mamuju, Selasa 30 Juli 2019.

Kegiatan itu berlangsung di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, secara resmi dibuka Kepala Biro Ekbang Setda Sulbar, Safaruddin Sanusi.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Ekbang Sekda Sulbar, Safaruddin Sanusi mengatakan, sektor pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan salah satu fokus yang perlu ditingkatkan, efisiensi dan efektifitas belanja, baik pusat maupun daerah.

“Hal itu perlu dilakukan agar anggaran yang dialokasikan dapat meningkatkan performa pembangunan dan kepercayaan publik kepada pemerintah,”ucap Safaruddin.

Dikemukakan, sektor pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan salah satu bagian dari rencana aksi strategi pemberantasan korupsi.

Olehnya itu, Safaruddin mengatakan, LKPP diharapkan berperan untuk mendorong sinergi di kementerian, lembaga dan Pemda dalam pengadaan barang/jasa, dimulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan, keuangan dan pengawasan.

“Kegiatan ini kita jadikan sebagai sharing pengetahuan, pemahaman, bahkan pengalaman diskusi dengan narasumber dalam membangun sinergitas,” ucapnya.

Selain itu, juga diharapkan, semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Inspektorat dan bagian layanan pengadaan, lebih memahami dengan baik proses pengadaan barang/jasa di tahun yang akan datang. (**)