MAMUJU,POROSSULBAR – Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat meminta semua kabupatan yang ada di Sulbar untuk mendukung pengembangan tiga komoditas unggulan, yakni padi, jagung dan kedelai atau pajale yang menjadi target nasional untuk mewujudkan swasembada pangan.

Ket.Foto: Kepala Dinas Pertanian, H.Ir.Hamzah S, Saat Memantau Penanaman Jagung.

Kepala Dinas Pertanian/Peternakan Provinsi Sulawesi Barat,H Ir. Hamzah S,pada hari senin 5 Juni 2017 mengatakan pemprov sulbar terus memacu dan memotivasi pelaku utama untuk mengembangkan kegiatan usahanya, khususnya pengembangan tiga komoditas pangan tersebut.

Pengembangan komoditas padi, jagung dan kedelai masuk program nasional dan pada 2017 targetnya sudah menunjukkan hasil guna mendukung swasembada pangan di Provinsi Sulawesi Barat,” kata Hamzah.

Namun, komitmen semua yang ada di kabupaten di Sulbar harus terus dikuatkan dengan minimal mempertahankan lahan pertanian yang sudahn produktif tanpa melakukan alih fungsi.

Jika pemerintah daerah mampu meningkatkan luasan lahan dengan mengoptimalkan lahan-lahan potensial yang belum tergarap termasuk lahan terlantar, maka hasilnya akan semakin baik,” tuturnya.

Ia menyatakan Provinsi Sulawesi Barat merupakan salah satu wilayah yang memiliki lahan potensial dan sangat luas, tetapi masih lemah dalam pengembangan, karena kurangnya komitmen pemangku kepentingan,”Pungkasnya.

Laporan: Andy Saputra