Foto : Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs Baharudin Djafar, M.Si saat eksebisi melawan pecatur penyandang Disabilitas (Tunanetra), Agustinus Panggalo asal Mamasa disaksikan ketua panitia (Kabidokkes Polda Sulbar), Akbp drg. Muh Zakir, SH, M.H saat pembukaan Kejuaraan Catur Polda Sulbar 2019 di Aula Rumkit Bhayangkara yang diikuti oleh 90 peserta dengan kategori Umum dan Pemula.

Kapolda Buka Kejuaraan Catur Ditandai Eksebisi Melawan Pecatur Tunanetra

MAMUJU,POROSSULBAR – Kejuaraan Catur dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 73 di wilayah Polda Sulbar, hari ini resmi dibuka langsung Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si  bertempat di Aula Rumkit Bhayangkara, Jumat (21/6/2019).

Disampaikan Kabid Humas Polda Sulbar Akbp. Hj. Mashura  bahwa lomba catur yang diselenggarakan di Aula Rumkit Bhayangkara ini diikuti oleh 90 peserta dengan kategori umum dan pemula.

Kapolda Sulbar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah merupakan forum yang sangat positif untuk menjalin hubungan silaturahim dengan berbagai pihak.

Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan wahana untuk bersilaturahim dan berkasih sayang, sekaligus untuk menuangkan hobi dan mengasah bakat di bidang catur.

Dikesempatan yang sama, Kapolda juga mengungkapkan kebanggaannya atas terselenggaranya kegiatan ini, selain karena kejuaraan catur ini pertama kali terlaksana, tentu melalui kegiatan ini akan terjalin hubungan yang lebih harmonis antara TNI/POLRI dan masyarakat.

Menurut Akbp. Hj. Mashura, setelah membuka turnamen catur ini, Kapolda Sulbar juga sempat menguji kemampuan salah satu peserta penyandang Disabilitas (Tuna Netra) yang turut berpartisipasi.

Hanya empat langkah gerakan Kapolda sudah mengakui kemampuan peserta yang menjadi lawannya.

“Luar biasa, sudah pernah ikut kejuaraan dimana saja? tanya Kapolda, sembari menyanjung kemampuan peserta yang satu ini.

Yang tunanetra saja hebat bagaimana dengan peserta lainnya,” tutur Kapolda.

Melalui Kabid Humas, AKBP Hj. Mashura, Kapolda juga mengatakan meski baru pertama kali diselenggarakan antusias masyarakat sangat baik untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, dari 90 orang data peserta dengan kategori umum (76), junior (6) dan putri (8) ternyata ada juga yang berasal dari luar Provinsi Sulbar yaitu peserta dari Parepare, Palu dan Makassar.

Harapannya kegiatan ini kedepan bisa tetap terlaksana sebagai upaya untuk meningkatkan bakat para insan catur dan terpenting tentunya hubungan silaturahim semakin baik antara Polri dan masyarakat.

Lanjut disebutkan, sebelumnya berbagai kegiatan lainnya telah dilakukan seperti Bakti kesehatan, Bakti religi, Baksos semata-mata untuk menyambut hari bhayangkara ke 73,” tandasnya. (**)