MAMUJU, POROSSULBAR – Sebagai bentuk kesiapan dalam menyambut pelaksanaan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ketupat 2018, Polda Sulbar bersama seluruh stakelholder terkait menggelar rapat koordinasi lintas sektorat guna menjaga stabilitas kamtibmas jelang perayaan Idul Fitri 1439 H, Selasa (22/5/18) di Aula Mapolda Sulbar.

Adapun tema yang diangkat kali ini yaitu “Melalui rapat koordinasi Polda Sulbar dan jajaran beserta instansi / stakeholder terkait dalam rangka ops Ketupat Siamasei 2018 siap mengamankan perayaan hari raya Idul Fitri 1439 H, guna mewujudkan wilayah Sulawesi Barat yang kondusif”

Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Pol H Baharuddin Djafar, M.Si

“Turur hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sulbar, Gubernur Sulbar atau yang mewakili, Kabinda Sulbar, kepala BNNP Sulbar yang mewakili, ketua DPRD Provinsi, Danrem 142, para Pejabat Utama Polda Sulbar, para Kapolres jajaran, BMKG, Dinas Perhubungan, Dinkes, PLN, Kominfo dan tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs H Baharudin Djafar, M.Si mengungkapkan kebanggaannya atas pelaksanaan kegiatan yang sedang berlangsung, sekaligus partisipasi seluruh elemen yang menyempatkan diri dalam membahas rencana kerja kedepan sehingga permasalahan tahun kemarin bisa di antisipasi.

Dikatakan lebih lanjut, terlaksananya kegiatan ini dibulan suci Ramadhan, semoga menjadi keberkahan untuk kita semua dan tujuan bersama menjaga stabilitas kamtibmas, serta menanggulangi permasalahan dapat diatasi dengan baik.

Permasalahan kamtibmas seperti petasan, judi sabung ayam, narkoba, miras dan kejahatan lainnya akhir-akhir ini, alhamdulillah telah diberantas oleh masing-masing Polres jajaran yang terjadi di wilayahnya.

Terkait dengan minuman keras yang menjadi akar kejahatan juga sudah diamankan dan insya allah besok akan dilakukan pemusnahan yang akan diselenggarakan langsung oleh Direktorat Narkoba Polda Sulbar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, memang perlu peran serta seluruh pihak dan harus ada respon cepat, guna mengatasi permasalahan yang ada, sehingga tidak berkembang menjadi potensi kerawanan kejahatan,” tuturnya.

Lain halnya dengan sambutan perwakilan Gubernur Prov Sulbar, M Natsir, ia mengatakan sangat mengapresiasi kerjasama yang telah dibangun oleh Polda Sulbar dengan seluruh elemen selama ini, sehingga sampai saat ini kondusifitas kamtibmas masih stabil.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan poin-poin pesan Gubernur, yaitu dalam rangka menyikapi stabilitas pangan pemerintah akan melaksanakan operasi pengendalian bahan pokok jelang Idul Fitri 1439 H.

Selain itu, terkait Pilkada serentak diharapkan kaloborasi dan partisipasi semua pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut,” imbuhnya.

Selanjutnya, memanfaatkan waktu agar pertemuan ini efektif dalam menyelesaikan persoalan kamtibmas khususnya jelang Idul Fitri 1439 H, maka digelar pula diskusi dialogis.

Yang menarik dalam diskusi tersebut, Kapolda Sulbar sendiri yang bertindak langsung sebagai moderator penengah persoalan yang ada.

Sementara itu, seluruh elemen yang hadir siap mendukung rencana kerja yang ada, dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, mulai dari pemberantasan kejahatan, pelayanan kesehatan 1×24 jam, pemberian informasi cuaca rutin, rencana pembuatan res area di halaman kantor Polres, Kodim dan Camat yang ada di pinggir jalan sebagai tempat peristirahatan para pengendara ataupun pemudik.

Untuk rencana pelaksanaan hari raya Idul Fitri kedepan insya Allah akan serentak dilaksanakan di pantai Manakarra Mamuju. (*/Asr)

#HMS/PoldaSulbar.