MAMUJU, POROSSULBAR – Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar), Kamis (1/3/18) menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Siamasei 2018, di Lapangan Apel Mapolda Sulawesi Barat.

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharuddin Djafar, M.Si dan dihadiri para pejabat instansi sipil maupun TNI/POLRI, Dishub, Jasa Raharja serta para tamu undangan dan peserta Apel Gelar Pasukan.


Dalam Pelaksanaannya, kegiatan tersebut diawali dengan penyamatan pita tanda operasi oleh Kapolda Sulbar dan dilanjutkan dengan sambutan Kakorlantas yang disampaikan oleh Kapolda Sulbar.

Kapolda Sulbar, Baharuddin Djafar dalam amanat yang dibacakannya menyebutkan, bahwa Apel Gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya.

Sehingga kegiatan operasi berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sarana yang telah ditetapkan.

“Lanjutnya, lalulintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara, oleh sebab itu pemeliharaan kambseltibcar lantas sangatlah penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara, maka kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern.

Oleh sebab itu, POLRI khususnya Polantas bersama stakeholder dan pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU No. 22 tahun 2009 tentang LLAJ.

Sehingga, di anggap perlu melaksanakan operasi Kepolisian dibidang lalu lintas untuk mewujudkan negara yang tertib dan berevolusi dari segi mental masyarakatnya, maka perlu adanya Operasi Keselamatan Siamasei 2018.


Operasi Keselamatan Siamasei 2018 ini, mulai dilaksanakan tanggal 5 maret sampai dengan 25 maret 2018. Pada pelaksanaan Operasi Keselamatan 2018 kali ini, ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan Lalu Lintas antara lain, melawan arah /arus lalu lintas khususnya kendaraan motor (R2), menggunakan handphone waktu mengemudi, berboncengan lebih dari 1 orang, berkendara belum cukup umur.

Diujung sambutannya, Kapolda Sulbar menambahkan penekanan, yakni selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga keselamatan anda dalam pelaksanaan tugas, peningkatan disiplin anggota Polantas dan terwujudnya pelayanan Polantas, serta terhindar dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh Hukum dalam berlalu lintas.(*/Asr)