Kapolda Sulbar Tekankan Netralitas TNI-POLRI Dalam Apel Kesiapan

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Barat, Brigjen Pol Baharuddin Djafar sesuai instruksi Panglima TNI dan Kapolri terus menyerukan netralitas TNI Polri kepada jajarannya.

Hal ini diutarakan Kapolda Sulbar Melalui Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj Mashura pasca Apel kesiapan yang dilaksanakan di lapangan apel Direktorat Lalu Lintas ini, Selasa (16/4/19) yang  dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar dan dihadiri para Pejabat Utama serta seluruh personil gabungan TNI-POLRI yang standby.

Kapolda menyampaikan bahwa, Menyikapi hari akhir masa tenang pemilu 2019, Polda Sulbar melakukan apel kesiapan  gabungan TNI/POLRI untuk mengevaluasi dan memantapkan segala persiapan demi menyukseskan puncak pemilihan 17 April 2019 Sesuai pesan Panglima dan Kapolri agar seluruh personil TNI/POLRI menjunjung tinggi netralitas dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman damai dan sejuk.

“Netralitas TNI/POLRI harga mati untuk menjaga keutuhan NKRI,” ujar Kapolda.

“Sinergitas yang telah bangun selama ini harus terus di jaga karena muara keamanan ada pada kekompakan TNI/POLRI dalam menjamin kamtibmas yang tetap kondusif khususnya pada puncak pemilihan tanggal 17 April besok” tambah Kapolda.

Apel pemantapan akhir kesiapan pengamanan ini juga ditandai dengan deklarasi bersama TNI-POLRI sebagai wujud sinergitas dan kekompakan untuk menciptakan pemilu aman dan demokratis.

Selanjutnya, seluruh personil melakukan patroli bersama menyasar lokasi TPS rawan untuk menciptakan suasana aman dan damai sekaligus mengajak masyarakat untuk tidak ragu untuk mendatangi TPS karena “kami TNI/POLRI siap menjamin keamanan dan kenyamanan di TPS.”

Sementara itu, Kapolda beserta pejabat utam melakukan pengecekan di lokasi TPS salah satunya di TPS yang berada di sekitar rumah adat serta menyerahkan stiker aturan pemilihan di TPS dan pasal-pasal yang akan mengancam siapa saja saat melakukan tindakan pidana di TPS.

Kabid Humas, AKBP Hj. Mashura yang turut mendampingi Kapolda juga menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah upaya maksimal Polda Sulbar dan Korem 142/Tatag untuk mengawal dan mengamankan pesta demokrasi yang aman damai dan sejuk. (**)