Kapolri Tito Karnavian Resmikan Polda Sulbar

MAMUJU, POROSSULBAR – Sejak berpisah dari Polda Sulsel dan Polda Sulbar resmi berdiri pada 1 Juni 2016 lalu, Polda Sulbar yang masih tergolong Polda tipe B dan termasuk salah satu Polda termuda di Indonesia.

“Namun akhirnya, seiring berjalannya waktu Markas komando Kepolisian Daerah (Mako Polda) Sulawesi Barat hari ini diresmikan langsung oleh Bapak Kapolri, Jenderal Pol Prof H.M Tito Karnavian, M.A, Ph.D, Kamis (4/10/2018).

Kunjungan Jenderal Bintang Empat, Kapolri kali ini untuk meresmikan Mako Polda Sulawesi Barat yang ada di Jalan Aiptu Nurman Kalubibing No 1, Kelurahan Mamunyu, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Datang bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Drs Syarifuddin Kambo, M.Si yang merupakan mantan Wakapolri juga putra daerah asal tanah Mandar dan Ibu Ketua Bhayangkari, Hj. Tri Tito Karnavian beserta beberapa PJU Polri, Tito Karnavian disambut meriah dengan tari-tarian saat tiba di Mako Polda Sulbar.

Setibanya di Mako Polda Sulbar Kapolri langsung melaksanakan gelar Apel Doa bersama dengan TNI-Polri, Pelajar dan Santri untuk korban bencana gempa Palu, Donggala dan Sigi  dilapangan Mako yang dirangkaikan dengan penanaman pohon secara simbolis ditempat yang sama.

Setelah sambutan, Kapolri lantas meresmikan Mako Polda Sulbar yang ditandai dengan membunyikan sirine dan pengguntingan pita dilanjutkan dengan penandatanganan tiga Prasasti, serta pemberian penghargaan oleh Raja Mamuju kepada Kapolri dan Menpan RB.

Dalam sambutannya, Kapolri berharap agar Mako Polda Sulbar yang telah diresmikannya ini, kedepannya bisa memberikan keamanan Kamtibmas serta pelayanan terhadap masyarakat di wilayah hukumnya.

Kapolri juga meminta kepada Polda Sulbar untuk saat ini dapat memberikan backup pada Polda Sulteng yang saat ini personilnya lagi down morilnya pasca gempa dan tsunami disana.

“Anak-anak saya di Sulteng lagi jatuh moril pasca gempa, mungkin karena trauma melihat beberapa teman-temannya tewas akibat bencana, untuk ini saya meminta Polda Sulbar untuk bisa memberikan backup pada Polda Sulteng, agar bisa kembali bangkit dan bekerja seperti hari-hari biasanya agar kondisi Sulawesi Tengah bisa kembali normal,” ujar Tito.

Adapun beberapa tamu undangan yang hadir antara lain, Gubernur, Wagub Sulbar, Ketua DPRD Prov Sulbar, Barhakam, Aslog, Kadiv Kum, Kadiv Propam, Kapolda Gorontalo, Kapolda Sulsel, Wakapolda NTB, Raja Mamuju, Raja Balanipa, Kasdam XII Hasanudin, Danrem 142/Tatag, Kabinda, Ka BNNP, DanLantamal, Bapak Pembangunan Sulbar, Anwar Adnan Saleh, KBS Apri, Kakanwil KumHam dan para Bupati se- Sulbar.