Kesbangpol Sulbar Bekerjasama Dengan Korem 142 Tatag, Laksanakan Kader Bela Negara

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Badan Kesbangpol Prov Sulbar menyelenggarakan kegiatan pembentukan Kader Bela Negara bagi Generasi Muda dan Masyarakat di Prov Sulawesi Barat bekerjasama dengan Korem 142 Tatag, bertempat di Makorem 142 Tatag Sulbar, Selasa (12/3/2019).

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut di ikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari unsur pemerintah yg di wakili oleh Satpol PP Sulbar, BPBD Sulbar, Tagana Sulbar serta unsur masyarakat umum.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan Prov Sulbar, Drs. H.Muhammad Natsir, MM, Kepala Badan Kesbang Pol Sulbar, Drs. H. Muhammad Rahmat, MM, Kepala Bidang Bina Ideologi & Wasbang Sulbar, Muhiddin, S.Sos, Kepala Bidang Ketahanan Seni, budaya, agama, ekonomi dan kemasyarakatan Sulbar, Sanusi, S.Pd, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Prov Sulbar, M. Yusuf Tahir, Kepala Kantor Perwakilan Pertahanan Keamanan RI, Kol Drs Sus Rudyanto, M.Si, Kasi Pers Korem 142 Letkol.CHJ. I Wayan Wirya, Kasi Log. Letkol.Inf. Muh. Jen Yusuf, Kasi Ren. Letkol. Inf. Andi M. Aras, Kasi Ter. Mayor.Arm. Novan Andriansyah, Kasi Intel Mayor. CZI. Yanfri.

Laporan ketua panitia yang dibawakan oleh Muhiddin,S.Sos, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Undang-Undang Dasar 1945 pasal 30 ayat 1, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 tentang penetapan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Daerah.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan kembali nilai-nilai dan sikap bela negara serta rasa cinta tanah air, menanamkan sikap rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai nilai-nilai Pancasila & UUD 1945 serta menguatkan rasa nasionalisme agar tidak terpengaruh paham atau ideologi negatif yang tdk sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, serta dapat merusak keutuhan NKRI.

Selain itu hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terbentuknya Kader Bela Negara di Prov  Sulbar sebagai implementasi dari UUD 1945, para peserta yg mengikuti kegiatan pembentukan kader Bela Negara juga diharapkan pemahamannya tentang Wawasan Kebangsaan dalam Bela Negara dapat meningkat serta diimplementasikan dalam sikap dan prilaku di kehidupan sehari-hari pada lingkungan pendidikan, pemukiman dan pekerjaan.

Pada tataran aplikatifnya bagi ASN lingkup Pemprov Sulbar akan memiliki sikap dan perilaku dalam disiplin pekerjaan dengan berlandaskan kecintaan dan patriortisme pada bangsa dan negara.

Sumber dana dalam pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari APBD Pemrov Sulbar Tahun 2019 yang tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan Kesbang Pol Prov Sulbar Tahun Anggaran 2019,” kata Muhiddin.

“Muhammad Natsir, Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sulbar yang membuka acara ini secara resmi menyampaikan bahwa bangsa Indonesia yang mempunyai banyak tantangan baik itu internal maupun eksternal serta ancaman keamanan berupa gerakan radikalisme dan terorisme, menghadapi ancaman dan tantangan tersebut haruslah menjadi panggilan bagi kita semua.

Semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak untuk bela negara sesuai dengan ladang pengabdiannya masing-masing, bela negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan, bisa dilakukan oleh seorang guru, Pegawai Negeri Sipil, tenaga kesehatan, petani, buruh, profesional, pedagang serta profesi lainnya.

Sebagai ASN kesadaran bela negara bisa diwujudkan melalui disiplin dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab di tempat kerja masing-masing.

Selain itu dalam sambutannya, Muhammad Natsir juga mengatakan melalui kegiatan pembentukan Kader Bela Negara ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan para ASN, tentang pentingnya kesadaran bela negara sehingga nilai-nilai bela negara dapat menjadi landasan sikap dan perilaku dalam keseharian sebagai bagian pemerintah sekaligus dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan ini juga diharapkan akan lahir para kader yang mampu menyebarluaskan kesadaran bela negara di wilayah Provinsi Sulawesi Barat yang dapat menjadi panutan dan agen perubahan sekaligus garda terdepan dalam menumbuhkembangkan semangat dan kesadaran bela negara kepada masyarakat.

Dalam membuka secara resmi kegiatan ini penyematan tanda peserta dilakukan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Prov Sulbar didampingi oleh Kepala Badan Kesbang Pol Prov Sulbar, Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, dan Kabintal Rem 142 Tatag. (**)