Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan, Disperindag Sulbar: Pastikan Relatif Masih Aman

MAMUJU, POROSSULBAR — Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Barat pastikan ketersediaan pangan jelang bulan suci Ramadhan 1440 H, hingga hari raya Idul Fitri relatif aman.

“Dari hasil peninjauan kami, utamanya tadi ke Bulog. Stok beras di Bulog bisa menjamin beberapa bulan kedepan, malah kalau normal dengan 1.500 ton yang ada di gudang Bulog itu bisa sampai 20 bulan kedepan.

Kecuali kalau memang ada kejadian-kejadian diluar perkiraan, seperti bencana alam atau apa yang kita tidak bisa pastikan,” kata Amir Maricar saat mendampingi Staf Ahli Kementerian Perdagangan RI bidang pengamanan pasar di Hypermart Matos Mamuju, Selasa (24/4/2019).

Selain itu, Amir Maricar juga mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki tim yang setiap saat diturunkan untuk melakukan peninjauan ke lapangan.

“Ada memang tim kami bentuk, yang mana setiap beberapa bulan sekali kami turunkan untuk meninjau, pertama barang kadaluarsa (expayer) yang masih beredar dipasaran, itu kita sama-sama dengan BPOM,” terangnya.

Kemudian juga termasuk dengan barang-barang Standarisasi SNI, utamanya barang-barang elektronik yang tidak ber SNI itu kita suruh tarik semua dari pasaran. Jadi itu setiap Tiga bulan sekali kita turun,” tutupnya. (**)