PASANGKAYU, POROSSULBAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu menggelar Rapat Pleno terbuka hasil verifikasi syarat pendaftaran Bakal Pasangan Calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Pasangkayu periode 2021-2026, yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Pasangkayu, Sulawesi barat Minggu (13/9).

Meski ketiga Bapaslon yang akan berlaga, Yaumil-Herny, Abdullah- Yusri, dan Saal-Musawir belum ada yang memenuhi syarat sebagai Balon Bupati dan Wabup sesuai hasil tim peneliti KPU Pasangkayu namun untuk hasil tes kesehatan Bapaslon Yaumil-Herny telah dinyatakan lolos.

“Alhamdulillah, tes kesehatan “YES” lolos tinggal kelengkapan berkas lainnya,” ujar Muliadi, SE Ketua Tim Koalisi Merdeka Yes Smart, Minggu (13/9).

Sebelumnya, sesuai jadwal dari KPU ketiga Bapaslon telah melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) selama dua hari, pertanggal 10 sampai 11 September 2020.

“Pemeriksaan kesehatan oleh ketiga Bapaslon sudah sesuai tahapan pilkada, dan hasilnya telah Kami terima,” ujar Syahran Ahmad, Ketua KPU Pasangkayu dalam keterangan Persnya.

Beberapa jenis tes kesehatan yang dilakukan yaitu tes jasmani, rohani, dan narkoba.

“Adapun terkait beberapa syarat dokumen pendaftaran Bapaslon yang belum lengkap, diberikan waktu selama tiga hari sejak tanggal 14 sampai 16 september untuk diperbaiki dan dilengkapi,” jelas Syahran.  (***)