Kodam XIV/Hasanuddin Gelar Sosialisasi P4GN Serta Tes Urine Personil Kodim 1418/Mamuju

MAMUJU, POROSSULBAR – Kodam XIV/Hasanuddin kembali melakukan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta Tes Urine terhadap personil Kodim 1418/Mamuju.

Sosialisasi dan Tes Urine personil dilaksanakan di Aula Makodim 1418/Mamuju, Kamis (28/11/19) di jalan Ahmad Yani Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat ini dimaksudkan untuk mewujudkan Kodam XIV/Hasanuddin Bebas Narkoba.

“Untuk tahap sosialisasi dibawakan langsung Staf Intelijen Kodam XIV/Hasanuddin, Kapten Inf Christo Febi Cahya Manafe (Pabanda Pam Sinteldam XIV/Hsn).

Sekitar delapan puluhan (80) Personil dan PNS Kodim 1418/Mamuju ikut dalam penyuluhan dan tes urine tersebut bahkan, terlihat pula para perwira utama Kodim 1418/Mamuju juga dengan hikmat mendengarkan penyuluhan dan ikut melakukan tes urine, diantaranya Kasdim, Pasi Intel, Pasi Ops, Pasi Ter, Danramil 1418- 01 /Mamuju, Danramil 1418-05 Budong budong Pasi Ter Kodim 1418/Mamuju serta Dan unit.

Kasdim 1418/Mamuju, Mayor Inf.Andi Ismail mengatakan penyuluhan P4GN ini memang adalah agenda Kodam XIV/Hasanuddin kepada jajarannya agar para personil benar-benar bersih dalam penyalahgunaan obat terlarang.

“Kegiatan ini sering kami laksanakan per triwulan, baik bersama mitra dari Polda maupun Polres,” urai Kasdim.

Sementara itu, Pabanda Pam Sinteldam XIV/Hasanuddin kepada para personil Kodim 1418/Mamuju memberikan materi tentang P4GN yang difokuskan untuk meningkatkan pengetahuan bagi anggota Kodim 1418/Mamuju akan bahaya Narkoba dan cara mencegahnya agar anggota TNI dan seluruh keluarga tidak terjebak didalamnya.

“Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan ialah dengan melakukan penyuluhan agar bisa memperkuat komitmen dan menyebarluaskan informasi tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,” ujar Kapten Inf Christo Febi Cahya Manafe.

Dengan cara itu, kita wajib mengetahui apa saja jenis obat dan tanaman yang tergolong dalam Narkotika,” sebutnya.

Untuk itu Staf Intelijen Kodam XIV/Hasanuddin ini kepada para personil dan PNS Kodim 1418/Mamuju menekankan larangan keras untuk tidak mencoba-coba, apalagi sampai menjadi pengguna Narkoba sebab adanya P4GN merupakan program satuan yang memang diharapkan dapat menciptakan prajurit yang bersih dari Narkoba dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba.

Adapun hasil dari tes urine yang dilakukan terhadap seluruh personil dan PNS Kodim 1418/Mamuju, semuanya hasilnya negatif. (**)