Komandan Korem 142/Tatag Kini Dijabat Jenderal Bintang Satu, Berikut Biodata dan Perjalanan Kariernya

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Naiknya Status Korem 142/Taroada Tarogau berdasarkan Surat keputusan Kasad Nomor Kep/23/2019 tanggal 6 Desember 2019 tentang peningkatan status 22 Korem tipe B ke tipe A dan pembentukan 1 Korem tipe A Jajaran TNI – AD akhirnya seiring dengan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Komandannya.

Komando Resort Militer (Korem) 142/Taroada Tarogau akhirnya dipimpin seorang Perwira Tinggi (Pati) berpangkat Brigadir Jendral (Brigjen) dari sebelumnya berpangkat Kolonel.

Tidak asing lagi, Jendral Bintang satu yang menjadi Komandan Korem 142/Tatag ialah Brigjen TNI Firman Dahlan S.I.P, alias pajabat Danrem yang saat ini masih menjabat.

Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi Danrem 142/Tatag ini setelah Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima laporan pelaksanaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi 84 Perwira dari 3 Angkatan yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dengan menyandang pangkat Bintang Satu pada hari Selasa 9 Juni 2020 di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, yang salah satu diantaranya adalah Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P

Kepala Penerangan Korem 142/Tatag Mayor Inf. Ahmad T, S.Sos.M.Si dalam merilis kepada sejumlah awak Media, membenarkan bahwa Komandan Korem (Danrem) 142/Tatag hari ini naik satu pangkat lebih tinggi dari Pangkat sebelumnya yakni Kolonel menjadi Jendral Bintang Satu yakni Brigjen.

“Dengan adanya perubahan status Korem 142/Tatag, maka orang pertama menjabat Komandan Korem 142/Tatag berpangkat Bintang Satu sejak terbentuknya Korem 142/Tatag adalah Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P ” ujar Mayor Inf Ahmad dalam rilis tertulisnya via Whats Up.

Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P  adalah seorang Prajurit TNI-AD yang lahir di Kabupaten Wajo,24 Oktober 1964.

Di Kabupaten Wajo, Brigjen Firman Dahlan mengenyam pendidikan umum kemudian berlanjut dengan menempuh Bangku Kuliah di salah satu Perguruan Tinggi di Ibukota Jakarta.

Untuk karier di TNI angkatan Darat, Brigje  Firman Dahlan adalah lulusan Akademi Militer tahun 1988 dengan pangkat Letnan Dua dan pernah ditugaskan sebagai Komandan Peleton Yon Zipur  – 4 Kodam Diponegoro.

Perjalanan kariernya Brigjen TNI Firman Dahlan kemudian berlanjut dan sempat memegang sejumlah jabatan, dan yang teranyar sebelum menjabat Danrem 142/Tatag dirinya menjabat sebagai Irdam Iskandar Muda.

“Kini Sulbar kembali Berbangga, karena Korem 142/Tatag juga sudah naik status menjadi tipe A dan yang lebih membahagiakan lagi Sulbar kini dapat Jendral baru yakni Danrem 142/Tatag  Brigjen TNI Firman Dahlan.

Kapenrem 142/Tatag juga menuturkan, seluruh personil Korem 142/Tatag kini berbahagia dan Bersyukur atas perubahan Korem 142/Tatag ke tipe A dan kenaikan pangkat Danrem 142/Tatag dari Kolonel ke Brigjen.

“Semoga Kami terus Amanah dalam menjalankan tugas dari Pimpinan sehingga kedepan TNI – AD semakin dekat dan dicintai Rakyat. Pungkas Kapenrem 142/Tatag, Mayor Inf.Ahmad. (**)