MAMUJU, POROSSULBAR – Untuk meningkatkan pemahaman para Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang pentingnya pemahaman Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosandi) gelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Komunikasi dan Infromatika, Selasa (3/4/18).

Menurut Kepala Dinas Kominfosandi, Usdi, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan pemahaman para Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait bidang Komunikasi dan Informatika.

Tujuan dari pelatihan ini tentunya untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya komunikasi dan informatika dalam pengembangan e-government,” ujar Kadis Kominfosandi.

“Usdi menambahkan, acara yang di laksanakan di ruang pola Kantor Bupati tersebut, menghadirkan pemateri yang masing-masing terdiri dari unsur Polda Sulbar, AKBP Agus Fajar Sutrisno, dan unsur Kemenkominfo, yakni Kepala Pusdiklat Kemenkominfo, Unsuluddin dan Tenaga Ahli Pusdiklat Kemenkominfo, Suryanto.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, kami harapkan peserta bisa menjadi ASN yang bijak dalam memanfaatkan tekhnologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan,” harap Usdi,

Di temui terpisah setelah menyampaikan materi, Kepala Pusdiklat Kemenkominfo, Unsuluddin mengungkapkan, dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kab Mamuju. Merupakan hal yang positif, karena menurutnya, di era keterbukaan tentunya tidak bisa terlepas dari kepentingan tekhnologi informasi dimanapun berada.

“Saya berharap, dari apa yang diterima selama mengikuti pelatihan dapat di transfer kepada lingkungan di Kantor masing-masing dan bisa diterapkan di masing-masing instansi kerjanya,” ucap Unsuluddin.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mamuju, H Suaib memaparkan, untuk mengimbangi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, tentu saja dengan sebuah pra syarat yang mutlak harus di miliki, sehingga tidak tertinggal atas kemajuan tersebut.

Lanjutnya, syarat itu adalah SDM yang harus mampu mengaplikasi segala bentuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, karena secanggih apapun kemajuan itu, jika berada ditangan orang yang gagap teknologi dan gagap informasi maka kemajuan tersebut tentu akan sia-sia.

“Semoga dengan pelatihan ini akan melahirkan SDM – SDM unggul yang dapat bersaing dalam bidang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” pungkas Suaib. (*/Asr)

#HMS-Hasran.