MAMUJU,POROSSULBAR – Korem 142 Taroada Tarogau (Tatag) gelar focus group discussion lambang dan sesanti kodam XIV hasanuddin di aula pukul 09.00 wita di Makorem 142 Tatag Jalan Malik Pattana Endeng Rangas.kamis, 22/12/2017.

Selain dari kalangan TNI, diskusi yang digelar tersebut dihadiri juga oleh beberapa budayawan dari beberapa kabupaten,sejarawan,veteran,akademisi dan tokoh adat.

Beberapa saran yang diberikan oleh peserta diskusi akan diteruskan untuk menjadi bahan masukan untuk menyempurnakan lambang yang sekarang ini pohon lontara yang dijadikan sebagai ikon.

Letkol ARH Muh.Imran M,Si. (kasrem 142 tatag) dalam sambutannya membacakan surat sambutan dari Danrem 142 yang tidak bisa hadir dalam acara.

“Danrem tidak bisa hadir dalam acara ini dikarenakan sedang menemani tim wasrik dari kodam XIV hasanuddin.dari beliau pula terucap maaf dan mengatakan kepada saya untuk mewakili,”ujar Letkol Arh.Muh.Imran M,Si, Kasrem 142 Tatag.

Lanjut kajian ini membahas tentang arti lambang sesanti kodam XIV hasanuddin untuk nantinya akan dipertimbangkan.

Lambang dan sesanti merupakan bagian tradisi yang merupakan cerminan tanda diri, ciri khas dan kebiasaan suatu kesatuan.

Lambang dan sesanti dapat dijadikan sebagai salah satu sarana yang bertujuan memupuk semangat juang dan jiwa keprajuritan. Dan mengangkat kearifan lokal sebagai kekuatan nasional dan kepemimpinan serta mewujudkan solidaritas satuan dan jiwa korsa

Ashari rauf selaku ketua KNPI dalam sambutannya sepakat dengan adanya rumusan lambang dan sesanti yang sekarang digunakan kodam XIV hasanuddin

“Dalam lambang tersebut terdapat pohon siwalang yang menjadi simbol kekokohan masarakat sulawesi dimasa lalu dan semua dari bagian pohon tersebut bermanfaat bagi masarakat,”ucapnya.

Adapun sambutan dari Syahril selaku reaktor unika, dari perspektif budaya kalimat sesanti setia hingga akhir adalah perwujudan dari keistiqomahan dan komitmen kultur masarakat mandar khususnya mamuju

Lanjut, maka dari itu saya menambahkan agar ada budaya Sulawesi Barat masuk dalam lambang kodam XIV hasanuddin.

Kasrem 142 tatag letkol Arh muhammad Imran menambahkan bahwa ide ide saran peserta yang masuk akan ditampung sampai 23 desember 2017 besok dan hal hal serta diskusi akan dilaporkan kepada pangdam XIV hasanuddin.

Laporan: Hendra