MAMUJU,POROSSULBAR – Perhelatan pergantian tahun di Kota Mamuju akan dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra dengan berbagai pertunjukan. Olehnya Polres Mamuju akan menutup total jalan Yos Sudarso.

Arus lalu lintas akan dialihkan ke jalan Sam Ratulangi dan Ahmad Yani dengan lajur satu arah. Masyarakat diminta untuk tertib berkendara agar tidak terjadi kemacetan dalam berlalu lintas.

“Pada malam tahun baru nanti, jalan menuju (ujung, red) Yos Sudarso dari jalan Andi Dai, akan tetap dibuka untuk kendaraan menuju kantong parkir yang telah kita siapkan di sepanjang jalan depan bangunan Mall (Matos, red) hingga depan pelabuhan TPI Kasiwa,” ungkap Kasatlantas Polres Mamuju, AKP Suhartono, Jumat 29 Desember.

Selain itu, salah satu lajur dijalan arteri di sisi timur, juga akan dijadikan kantong parkir dan rest stop kendaraan masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun di anjungan pantai manakarra.

“Jalan arteri tetap dua arah namun di sisi barat yang dekat pantai kendaraan tidak boleh berhenti ataupun parkir. Parkir disediakan dilajur sebelahnya (sisi barat, red), nanti akan ditempatkan personil disepanjang jalan itu untuk mengatur lalu lintas,” tambah Kasatlantas.

Ket.Foto: Kapolres “Metro” Mamuju, AKBP Muhammad Rifai Arvan.

Sementara itu, untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama perhelatan pergantian tahun nanti, Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rivai Arvan mengungkapkan akan menurunkan 500 personel untuk pengamanan, 200 personel diantaranya tersebar di seluruh polsek lingkup polres Mamuju, sisanya bertugas didalam kota

“Ada empat titik pengamanan yang kita prioritaskan, yakni bundaran air mancur jalan arteri, hotel d’maleo, anjungan pantai manakarra dan perbatasan Kota Mamuju,” sebut AKBP Muhammad Arvan.

Untuk pengaturan lalu lintas kendaraan yang akan menuju kota mamuju, angkutan umum maupun angkutan niaga tidak diizinkan memasuki kota. Angkutan tersebut akan diarahkan menuju jalan Soekarno Hatta dan Husni Thamrin yang akan mengarahkan langsung keluar kota mamuju.

“Jadi kita arahkan melewati jalan pinggiran kota agar tidak menimbulkan kemacetan. Selain itu dalam menjaga kamtibmas kita juga menempatkan personil pengamanan di sepuluh gereja yang ada didalam kota Mamuju,” tandas Kapolres Mamuju tersebut.

Laporan: Farid Al-Jawani