MAMUJU, POROSSULBAR – Pemerintah Kabupaten Mamuju melaksanakan Sahabat Rakyat secara virtual di dua kecamatan terakhir, yakni Simboro dan Mamuju sebelum memasuki masa cuti yang tinggal beberapa hari lagi akan diambil bersama wakilnya.

“Yang mana sebelumnya sahabat rakyat ini telah dilaksanakan di 9 kecamatan lainnya, dengan turun langsung menyapa, berbaur dengan masyarakat tetapi dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan covid-19.

Sahabat Rakyat virtual kali ini dipusatkan di Nal cafe Rumah adat Mamuju, Rabu (2/9/2020). Dengan terlebih dahulu mengunjungi puskesmas desa Bambu, lanjut ke kantor camat Simboro melihat langsung pengobatan gratis, sunatan massal ratusan anak, pelayanan Capil, perijinan (Sistap) dari pagi sampai sore hari.

Bupati Mamuju, H Habsi Wahid mengatakan bahwa program Sahabat Rakyat ini merupakan satu konsep bagaimana kita menjemput bola, dengan pemerintah turun langsung ke kecamatan-kecamatan memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa pelayanan kesehatan, capil, sistap/ perijinan dan pelayanan-pelayanan lainnya.

“Tujuannya, yaitu agar mempermudah masyarakat mengurus semuanya dan terlayani dengan cepat, tidak perlu harus datang jauh-jauh dan tidak membutuhkan waktu berhari-hari,” terangnya.

Sahabat rakyat ini sangat disambut baik oleh masyarakat, dulu sebelum masa pandemi covid-19 di sahabat rakyat pemerintah betul-betul berbaur langsung dengan masyarakat.

Dengan turun ke kecamatan tidur di tenda-tenda dengan masyarakat dalam konteks silaturahmi, kita pemerintah kabupaten bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” ucap Habsi.

Mewakili aspirasi masyarakatnya camat Mamuju, Syawal dan camat Simboro, Said Pattong mengatakan bahwa warganya, khususnya masyarakat kecamatan Mamuju dan Simboro sangat mengapresiasi dan menilai positif dengan program sahabat rakyat ini dan sangat menginginkan sahabat rakyat terus dilanjutkan.

“Jadi secara umum masyarakat kecamatan Simboro menginginkan program sahabat rakyat tetap dilanjutkan,” tegas Said Pattong, camat Simboro.

Dikatakan bahwa aspirasi masyarakatnya di kecamatan Mamuju di program sahabat rakyat betul-betul menyentuh lapisan masyarakat yang paling bawah dan mudah-mudahan sahabat rakyat ini terus berlanjut,” ujar Syawal, camat Mamuju.

“Sahabat rakyat kali ini dihadiri Bupati Mamuju, H Habsi Wahid, Sekda Mamuju H Suaib, para kepala OPD, camat Mamuju dan Simboro, para Lurah, kepala Puskesmas dan para pelaku UMKM. (*Asr)