Musyawarah Agung “Sitammu Uju” Menutup Seluruh Rangkaian Acara FMM 2019

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Rangkaian kegiatan Festival Maradika Mamuju (FMM) 2019 salah satunya adalah Musyawarah Agung “Sitammu Uju” yang dilaksanakan di Ballroom Hotel D’Maleo 18 Desember 2019.

Musyawarah Agung ‘Sitammu Uju’ mengusung tema ” Kebudayaan Nusantara Dalam Dimensi Kekinian dan Perspektif Masa Depan”

Hadir sebagai pembicara dalam acara Musyawarah Agung Sitammu uju ini adalah salah satu tokoh budayawan Mamuju, Drs.H.Abdul Rajab Johari yang juga menjabat sebagai Sekertaris Lembaga Penelitian Pengembangan Budaya Mamuju.

Abdul Rajab Johari dalam paparan materinya yang berjudul : Membaca Tradisi Menuju Kesadaran Kultural, menelisik lebih jauh asal usul kebudayaan to Mamuju.

Lebih dalam Abdul Rajab Johari memaparkan bahwa “Proses mengenali tradisi lebih intens agar dapat membantu dalam mencari solusi atas tantangan masa kini dan masa depan sevara kreatif yang dapat meningkatkan produktifitas,” ujar budayawan mamuju ini.

Perlunya kesadaran kultural dalam keragaman budaya menjadi sesuatu yang sangat penting pada interaksi lintas budaya dalam masyarakat sehingga menciptakan suatu kerukunan dalam hidup bermasyarakat dan berbudaya,” papar Budayawan Mamuju ini.

Banyak Akibat yang ditimbulkan dari lemahnya kesadaran kultural di tengah masyarakat salah satunya adalah dapat menimbulkan kesalahpahaman yang tentunya akan merugikan setiap pihak dalam konflik kultural.

Beberapa kejadian telah membuktikan diantaranya tragedi sambas antara suku dayak dan madura pada tahun 1999 lalu dan masih banyak lagi’ujar Abdul Rajab.

Diakhir paparannya tokoh budayawan Mamuju ini mengutip salah satu pesan tokoh Nasional yakni Bapak H.M.Jusuf Kalla yang mengatakan bahwa ” Orang, Masyarakat tentunya mendambakan suatu kehidupan yang baik,infrastruktur yang baik tetapi ada sesuatu yang kadang lebih tinggi dari itu yakni HARGA DIRI.”

Hadir dalam acara Musyawarah Agung tersebut para tetua Adat Mamuju beserta kolega,pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah kabupaten Mamuju dan para undangan lainnya.

Festival Maradika Mamuju 2019 ini terbilang sangat sukses mengingat antusias para peserta dari berbagai kerajaan se-Nusantara dan Animo masyarakat yang menyaksikan FMM 2019 ini. (**)