Nasir : Ormas Wajib Melaporkan Kegiatannya Secara Berkala

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Tim terpadu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mamuju dan Pemprov Sulbar melakukan pemutakhiran data keberadaan Sekretariat Ormas yang berkedudukan di Kabupaten Mamuju ibukota Sulawesi Barat.

Hal ini disampaikan Kasubid Hubungan antar Lembaga Kesbangpol Kab Mamuju, H Nasir, S.Sos, M.Si saat menyambangi sekretariat IJS yang berkedudukan di jalan Andi Depu, Mamuju, Selasa (10/7/2018).

Kegiatan ini telah menjadi kegiatan rutin serta tak terlepas dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013, tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Kegiatan monitoring ini dilakukan dengan mewajibkan ormas untuk bisa memenuhi persyaratan pendaftaran, sehingga sesuai dengan AD/RT ormas tersebut serta data yang ada di Kesbangpol bisa valid,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari pemantauan ini diharapkan ormas dapat turut serta berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Mamuju.

Selama ini kata dia, keberadaan Ormas cukup baik dalam mendukung akselerasi pembangun serta menjadi jembatan untuk penguatan kegiatan kemasyarakatan.

Sehingga ada saling pengertian untuk proses ikut menciptakan keamanan, kenyamanan, di lingkungan masyarakat.

Selain itu, adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang dilakukan ormas, serta hendaknya melakukan pelaporan secara berkala, agar pihaknya lebih mudah sewaktu-waktu melakukan komunikasi dan koordinasi.

“Yang terpenting bagi kami adalah para ormas tersebut dapat melaporkan kegiatan mereka secara berkala, serta ikut menciptakan situasi Mamuju menjadi aman dan kondusif.

Selain itu monitoring ini akan terus kami lakukan, agar ormas yang berada di Mamuju dapat terdata dengan baik,” katanya.

Selama proses pemutakhiran data tambah dia, ada beberapa kendala lantaran banyaknya ormas yang pindah alamat, tanpa pemberitahuan ke kantor Kesbangpol. (**)