Pangdam XIV Hasanuddin Bersama Kapolda Sulbar Pimpin Apel Gelar Pasukan
MAMUJU, POROSSULBAR — Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Surawahadi, S.Ip., M.Si bersama Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si memimpin langsung pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan VVIP Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo bersama Ibu Hj. Iriana Joko Widodo, Rabu 27 Maret 2019.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di belakang Makodim 1418 Mamuju juga dihadiri langsung oleh Kabinda Sulbar, Danrem 142 Tatag, Danlanal Mamuju, para PJU Polda Sulbar dan Korem 142 tatag, Kapolres Mamuju dan Dandim 1418 Mamuju serta seluruh pasukan upacara.

Kegiatan serupa juga telah dilakukan saat RI-4, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla berkunjung di Kabupaten Mamuju 2 (dua) pekan lalu.

Namum dalam pengamanan kali ini, pengamanan lebih dipertebal untuk lebih menjamin keamanan dan ketertiban RI-1 beserta seluruh rombongannya dimana TNI/POLRI menyiagakan 1.500 (Seribu Lima Ratus) Personil.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Surawahadi dalam amanatnya menyebutkan bahwa apel gelar pasukan yang diselenggarakan ini, merupakan momen yang sangat penting dan efektif untuk mengecek kesiapan personil dan materil, serta sarana maupun prasarana pendukung dari unsur satuan pengamanan TNI-POLRI dan aparat lain yang terlibat dalam pengamanan kunker RI-1 di wilayah Kab. Mamuju.

Untuk itu, hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas harus terus dikoordinasikan dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan terkoordinir dan yang terpenting semua personil paham tugas dan perannya masing-masing.

“Pegang teguh aturan yang berlaku, hindari terjadinya pelanggaran hukum dan HAM, serta jalin komunikasi, sinergitas dan jaga soliditas antara aparat sebaik mungkin. Guna menghindari terjadinya kesalahpahaman dilapangan,” tutur Pangdam XIV Hasanuddin.

Disamping itu, diakhir sambutannya, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Surawahadi juga menekankan 3 hal kepada seluruh personil dan unsur terkait, yaitu :

1. Seluruh personil yang terlibat pengamanan agar segera menyesuaikan apabila dinamika atau perubahan dilapangan.
2. Laksanakan koordinasi melekat dengan seluruh aparat/instansi terkait guna melancarkan kegiatan pengamanan.
3. Pegang teguh disiplin, pahami rantai komando serta perhatikan faktor keamanan personil maupun materil.

Ditempat yang sama, Kapolda Sulbar juga mengingatkan kepada seluruh personil agar memahami tugas dan tanggung jawab yang di emban dengan meningkatkan koordinasi seluruh unsur terkait, sehingga tugas terlaksana dengan baik. (**)