Rapat pembahasan potensi minyak bumi

Rapat pembahasan potensi minyak bumi ini dilakukan pemprov sulbar delalui dinas ESDM sulbar dengan menghadirkan pemerintah Kabupaten Mamuju dan Mamuju Tengah serta beberapa pihak terkait. foto: hms

Mamuju-Media Poros Sulbar. Pontensi minyak Bumi di daerah Sulawesi Barat terus di gali, salah satunya pontensi minyak yang ada di Pulau Balabalakang yang masuk dalam wilayah Kabupaten Mamuju.

Pembahasan potensi minyak bumi ini dilakukan pemprov sulbar delalui dinas ESDM sulbar dengan menghadirka pemerintah kabupaten mamuju dan mamuju tengah serta beberapa pihak terkait.

Kepala Dinas Energi sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov sulbar Amri Eka sakti mengatakan Keayaan alam yang terkandung di gugusan pulau balabalakang merupakan Gas Bumi Namun hal tersebut belum di ketahu berapa besaran pasatinya.

“Kita bebelum tau pasti, saat ini prosesnya masih dalam perkirakan, kita masih menunggu dari pemerintah pusat untuk proses lelangnya, setelah ada pemenang baru di lakukan survei serta sesmik untuk mengetahui berapa besaran kandungan gas alamnya tapi tentunta di bawah SKK mengas” kata Amiri.

Amri juga mengatakan bahwa setelah dilakukan sesmik dari perusahaan akan melakukan eksplorasi, jika hasilnya ekomis yang besar akan dilakukan tahap berikutnya akan tetapi jika tidak tidak bernilai ekonomis maka akan tidak akan dilanjutkan.

Menanggapi adanya kandungan gas alam di Pulau Balabalakang Asisten II Kabupaten Mamuju  Daut yahya yang juga hadir dalam rapat tersebut mengatakan dengan di kelolahnya potensi tersebut di harapkan bisa memberikan dampak yang baik kepada masyarakat kabupaten mamuju terkhusus kepada warga kepulauan lokasi yang di tempatinya.

“Inikan baru akan di ekplorasi, saya harapa kedepanya  tidak merugikan warga disana apa lagi penghasilannya dari hasil laut, tentunya dari kementrian esdm akan memberikan kompensasi” ujanya Daut Yahya. (*03SY*)