Pemprov Sulbar Terima Penghargaan SAKIP Predikat B dari Menpan-RB

YOGYAKARTA, POROSSULBAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat berhasil menorehkan prestasi dengan mendapatkan penghargaan pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award dengan nilai atau predikat B.

“Prestasi ini menjadi penanda, bahwa Sulawesi Barat telah setara dengan Provinsi lainnya di Indonesia, khususnya di wilayah III seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahyo Kumolo, di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Muhammad Idris, Kepala Bappeda Sulbar Dr. Junda Maulana dan Kabiro Ortala, Masriadi Nadi Atjo.

“Syukur Alhamdulillah, sejak berdiri sebagai Provinsi dan setelah di coba dilalukan pembenahan, maka hari ini Sulbar telah mensejajarkan diri dengan Provinsi lain dengan berhasil meraih predikat SAKIP dengan Nilai B.

Sama dengan Provinsi di wilayah III sebanyak 12 Provinsi, kecuali Maluku, Papua dan Papua Barat yang masih nilai CC,” kata Sekda Provinsi Sulbar, Dr. Muhammad Idris.

Menurutnya, hasil evaluasi SAKIP ini telah menempatkan Sulbar semakin maju dalam perbaikan tata kelola Pemerintahan, khususnya dimensi dan area akuntabilitas publik.

“Selain itu kata Idris, perencanaan OPD semakin koneckting dengan RPJMD, Renja OPD semakin mengalami perbaikan indikator.

Begitupun indikator kinerja, juga mengalami perbaikan dalam penetapan IKU dan caskading dalam program, proses pengukurannya juga sudah mengalami perbaikan serta pengukuran hasil kinerja juga semakin maju.

“Insya Allah kita dorong agar tahun depan Sulbar terus naik kelas. Target kita tahun depan sudah di Nilai BB bahkan obsesi pak Gubernur berusaha untuk nilai A,” ujar Idris. (**)