Peringati Bulan K3 Nasional, PT Surya Raya Lestari 1 Meriahkan Dengan Berbagai Lomba

 

PASANGKAYU, POROSSULBAR – Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, PT Surya Raya Lestari 1 mengadakan kegiatan dan lomba yang berhubungan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan bulan K3 Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari setiap tahunnya.

Selain bertujuan untuk memeriahkan, management PT SRL 1 juga bermaksud menjadikan K3 sebagai budaya di dalam pekerjaan maupun di kehidupan sehari – hari.

Seperti yang disampaikan oleh pimpinan PT SRL 1, Yayat Ruhiyat, saat membuka acara Bulan K3 Nasional di Gedung Tenera PT SRL 1.

“Mari jadikan K3 sebagai budaya di dalam suatu pekerjaan dan kita implementasikan di kehidupan sehari-hari, karena saya yakin jika kita memperhatikan Aspek K3 disaat beraktifitas pasti akan diberikan keselamatan.

Dalam kegiatan ini PT SRL 1 juga bekerja sama dengan siswa siswi mulai dari TK hingga SMA, ini artinya kita mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengajarkan K3 sejak dini.

Dan kita ingat satu komitmen bahwa No safety, NO Production. Oleh karena itu, mari kita sama sama wujudkan K3 didalam pekerjaan kita sehari hari,” terang Yayat Rukhiyat.

Kegiatan dan lomba tentang K3 yang diselenggarakan oleh panitia ini dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Januari 2019.

Lebih lanjut, acara ini juga bekerja sama dengan sekolah – sekolah di Ring 1, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan tentunya karyawan PT SRL 1 itu sendiri.

Kegiatan dan lomba antara lain Lomba Menggambar Poster Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3), Lomba Safety Talk, Lomba Kreasi/Drama K3 serta Training Tanggap Darurat.

Tujuan dari kerjasama antara sekolah dan perusahaan adalah memberikan pengetahuan dan pola pikir sejak dini dari anak TK hingga karyawan akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan Training Tanggap Darurat juga diberikan kepada ibu-ibu PKK, kader posyandu dan ibu rumah tangga lainnya yang mana bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tanggap darurat dalam pemadaman api, pengendalian kebocoran gas elpiji serta tanggap darurat disaat menghadapi bencana seperti Gempa, Tsunami dan lai-lain.

Lomba menggambar Poster LK3 diikuti oleh siswa dan siswi mulai dari TK, SD, SMP, SMA serta Karyawan PT SRL 1 yang mana menghasilkan karya poster kurang lebih sebanyak 40 poster.

Pemenang lomba poster selain diberikan hadiah juga diberikan piagam penghargaan atas partisipasinya dalam menggambar poster LK3.

Untuk Lomba Safety Talk diikuti oleh siswa-siswi SMA dan karyawan PT SRL 1. Lomba ini bertujuan untuk mengetahui seberapa paham pengetahuan tentang Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3).

Selain itu juga melatih kepercayaan diri berbicara di depan umum dengan membawakan materi Safety Talk mulai dari keselamatan dalam bekerja hingga tanggap darurat dalam menghadapi bencana alam seperti gempa, tsunami dan lainnya.

Terakhir adalah lomba Kreasi/ Drama K3 dimana drama ini ditampilkan oleh karyawan masing masing departemen yaitu karyawan pabrik, tanaman, teknik dan administrasi.

Tidak kalah seru dengan lomba lainnya, drama K3 juga memberikan kemeriahan tersendiri, karena adegan humor yang di sajikan oleh masing masing perwakilan Departemen.

Tema yang dibawakan dalam drama berbeda beda mulai dari Safety Riding, Wajib APD dan pentingnya APD, cara bekerja aman dan selamat dan lain-lain.

Dipenghujung acara pemenang Lomba di umumkan, mulai dari kategori menggambar poster, Safety Talk dan Kreasi/Drama K3. Tidak ketinggalan Komitmen Zero Accident juga disepakati seluruh karyawan PT Suryaraya Lestari.

Danang Listiyanto (SHE), selaku ketua panitia menyampaikan “kegiatan bulan K3 adalah kegiatan yang sangat positif bagi siswa-siswi dan karyawan dalam rangka membudayakan K3 didalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi start awal menuju komitmen Zero Accident dan semangat kerja bagi seluruh karyawan PT Suryaraya Lestari 1,” tutupnya. (**)