MAMUJU, POROSSULBAR – Dalam rangka memeriahkan hari bakti pemasyarakatan ke- 54 tahun 2018, Rumah Tahanan (Rutan) Mamuju menggelar lomba bola volly, yang akan dilaksanakan di halaman Rutan Mamuju pada 18 – 25 April 2018.

Lomba volly putra tersebut rencananya akan di ikuti 20 tim dari berbagai instansi pemerintah yakni, Damkar, Satpol PP, Kodim, Korem, Diknas, Tvri, Kemenkeu dan sejumlah instansi lainnya.

“Untuk putaran I : sistem gugur (1 game, 3 set kemenangan), lanjut putaran II : sistem setengah kompetisi, 8 tim yg lolos dibagi menjadi 2 grup (1 game, 2 set kemenangan). Grup A dan B masing-masing 4 tim, dan yang lolos adalah juara dan runner up.

Kemudian semifinal dan final (1 game, 3 set kemenangan), pertandingan pertama pada tgl 18 April 2018, adalah hasil undian, oleh karena itu semua pemain wajib hadir dalam pembukaan, dan tidak diperkenankan membawa alat komunikasi.

Tim yang lolos ke putaran II wajib menyerahkan uang jaminan 500.000, untuk mencegah tim yang dijadwalkan tidak hadir, yang dapat merugikan tim lain. Uang jaminan akan dikembalikan setelah turnamen berakhir atau tim tersebut gugur. Pada saat pembukaan (tgl 18 April 2018) belum diperbolehkan membawa suporter, suporter yang hadir akan diterapkan prosedur keamanan, misal penggeledahan, suporter dilarang berbaur dengan warga binaan (Napi). Petugas Lapas akan mengatur teknisnya, pemain, official & suporter wajib menjaga ketertiban,” jelas Panpel, ini hasil tehnikal meeting, putaran I : Kemenkeu vs Tvri Sulbar.

Kepala keamanan Rutan Mamuju, Asriadi kepada sejumlah media mengatakan, bahwa kegiatan tersebut digelar untuk mempererat silaturrahim antar lembaga pemerintah dan peningkatan kebugaran para napi dan tahanan.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak di ingankan pada saat acara berlangsung, pihak Rutan telah membuat pos pengamanan di sejumlah titik.

“Supaya tetap aman kita buat pos pengamanan, peserta yang masuk juga akan tetap diperiksa sesuai dengan SOP yang ada, kita juga akan buatkan ID Card sebagai tanda pengenal,” jelas Asriadi.

Pria berdarah Mandar tersebut juga menjelaskan, bahwa turnamen volly ini akan dibuka oleh wakil gubernur Sulbar, Enny Anggraini Anwar, Rabu 18 April besok.

“Ibu wagub yang akan buka, besok pagi, persiapannya sudah sangat baik. Kegiatan seperti ini baru pertama kali di lakukan di Sulbar, Rutan Mamuju yang pertama kali buat, bahkan di Indonesia mungkin kita yang pertama,” pungkasnya.

Selain turnamen volly, kegiatan lain seperti lomba takraw, lari karung juga akan di gelar untuk memeriahkan acara hari bakti Pemasyarakatan ke- 54 tahun ini. (*/Asr)