MAMUJU, POROSSULBAR — Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati dan Wakil Bupati Mamuju di Kecamatan di kemas dalam kegiatan Safari Sehari Berbakti Untuk Rakyat (Sahabat Rakyat) secara rutin dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju sejak awal tahun 2018.

Di mulai di Kecamatan Kalumpang pada bulan Januari, bulan selanjutnya dilaksanakan di Kecamatan Tommo, pada Jumat – Sabtu (30 – 31 Maret) menyisir Kecamatan Tapalang.

Berdasarkan laporan dari Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Artis Efendi selaku ketua pelaksana Sahabat Rakyat, selama pelaksanaan kegiatan tersebut sudah ribuan layanan yang terlayani di dua Kecamatan, yakni Kec Kalumpang dan Kec Tommo yang telah melaksanakan kegiatan Sahabat Rakyat.

“Semenjak di launching di Kec Kalumpang dua bulan lalu, sekitar dua ribuan lebih pelayanan yang telah terlayani di Sahabat Rakyat ini, masing-masing untuk bidang kependudukan dan pencatatan sipil 1522 layanan, bidang kesehatan 528 layanan, bidang keluarga berencana 123 layanan, bidang perizinan 8 layanan, bidang perpajakan masing-masing dari pihak KPP Pratama 30 layanan dan dari Bapenda sebanyak 4 layanan,” terang Artis Efendi pada pelaksanaan malam hiburan di Acara Sahabat Rakyat yang di pusatkan di Lapangan bola Kec Tapalang.

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid mengungkapkan, bahwa Sahabat Rakyat dilaksanakan semata-mata mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan, karena menurut Bupati Mamuju masih banyak masyarakat yang kurang mampu untuk datang ke Kota melakukan pengurusan, seperti pengurusan tentang identitas kependudukan ataupun layanan lainnya.

“Kegiatan ini kita hadirkan di tengah-tengah masyarakat, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan, sehingga bisa dengan mudah mendapatkan layanan yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Habsi.

Pada pelaksanaan Sahabat Rakyat di Kec Tapalang, selain mengadakan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kecamatan juga meramaikan dengan menggelar pasar malam di sekitar lokasi pelaksanaan acara Sahabat Rakyat tersebut. (*/Asr)

#HMS-Hasran.