MAMUJU,POROSSULBAR – Ramlah Baharuddin Atlet Dayung asal Mamuju Provinsi Sulawesi barat telah menyumbangkan sebanyak delapan Medali yang di raih dari berbagai kejuraan cabang olahraga Dayung.

Ket.Foto: Ramlah Saat Menerima Penyerahan Medali Emas Di Kejuaraan PPLP Nasional.

Sosok perempuan cantik yang masih berusia 18 tahun itu terlahir dari keluarga sederhana di dusun Batu Papan Desa Bambu Kabupaten Mamuju, saat masih berusia 12 tahun di tinggal oleh ayah untuk selamanya atas kehendak ilahi dan beberapa tahun kemudian ibu nya pun menyusul ayahnya menghadap sang ilahi.

Lanjut, saat kedua orang tua telah tiada, Ramlah anak bungsu dari delapan bersaudara dengan dua saudara laki-laki dan lima saudara perempuan, saat itu ia di besarkan oleh kaka perempuannya bernama Erni hingga dia mempunyai bakat endayung dan akhirnya sekarang ia menjadi kebanggan Masyarakat Sulawesi barat.

Sejak diberangkatkan dari PPLP Koni Sulbar pada tahun 2016 yang Lalu ke pelatihan nasional (Pelatnas) di Jatiluhur,Purwakarta, Bandung, Jawa Barat, ia sedah  banyak menyumbangkan Medali untuk Sulawesi Barat yang Malaqbi.

“Alhamdulillah sejak saya latihan di Pelatnas Jatiluhur,Purwakarta, Bandung, saya mengikuti latihan denga tekun dan penuh semangat, berkat bantuan pelatih dan juga para teman-teman yang selalu memberikan Motivasi kepada saya, akhirnya saya sedikit bisa memberikan yang terbaik untuk tanah kelahiran saya Mamuju Sulawesi Barat yang saya cintai,” ungkap Perempuan yatim piatu itu.

Tambahnya, delapan Medali  ia sumbangkan untuk Provinsi Sulawesi Barat, di raih dengan kerja keras dari berbagai kejuaran di beberapa Provinsi yang akhirnya saat ini ia mendapat delapan Medali.

“Saat ini saya menyumbangkan delapan Medali untuk Sulawesi Barat, diantaranya, Kejuaraan nasional PPLP Makassar pada tahun 2014 saat itu mendapat sebuah medaki perak,  kemudian pada Pekan Olahrga Pelajar Nasional di Jawa Barat tahun 2015 saya mendapat dua perunggu, dan pada Kejurnas PPLP tahun 2015 di Maluku alhamdulillah saya mendapatkan dua  Emas, serta pada kejuaraan nasional (Kejurnas) 2016 di Provinsi Riau  mendapat satu Emas, satu Perak dan satu perunggu,” tutup Ramlah Gadis Kelahiran Desa Bambu.

 

Laporan: Firdaus & Farid Al-Jawani