Sadar Akan Partisipatif Pemilih Pemula di Pemilu 2019, IJS Gelar Dialog Publik

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS) sadar pemilih pemula alias kaum Millenial jadi salah satu tolak ukur barometer partisipasi Pemilu 2019. Persentase peningkatan ataupun penurunan jumlah Pemilih ada di tangan mereka.

Sadar akan hal itu memicu organisasi pewarta lokal (IJS) ikut andil menggaet pemilih pemula. Yang diwujudkan dalam dialog publik bertema “Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Demi Mensukseskan Pemilu 2019”.

“Dialog publik yang digelar IJS ini dilaksanakan di Cafe Nall Mamuju, Rabu (26/2/2019) pukul 14.00 wita.

Menghadirkan Narasumber yang berkompeten dibidangnya yakni, dari pihak penyelenggara Komisioner Kpu Kab Mamuju Divisi Data dan Informasi, Hasdaris, Komisioner Bawaslu Mamuju, Faisal Jumalang, serta Praktisi Media, Muh. Ilham, wakil pimpinan Radar Sulbar.

Serta menyasar 73 peserta dari kalangan Pelajar/ Mahasiswa dari Sebelas SMA, SMK sederajat dan Enam organisasi kemahasiswaan (OKP) yang ada di Mamuju.

“Dalam paparannya Komisioner Kpu Kab Mamuju, Hasdaris mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Dialog Publik yang di gagas IJS ini.

Disampaikan pula persoalan isu- isu kepemiluan dan acara kepemiluan, karena ini sarana paling cepat, apalagi di era Digitalisasi sekarang ini sangat cepat aksesnya kemasyarakat, bahkan sekarang ini tidak ada lagi batas-batas Teritorial.

Lanjut “Hasdaris” batas-batas terotorial itu di tembus dengan persoalan teredukasi kepada masyarakat hari ini di dalam genggaman kita sementara di kamar mandi atau di kamar kita sudah tau perkembangan diera Digilitasi saat ini dan itu diberikan kontribusi besar dari teman media .

Sementara itu di tempat yang sama Komisioner Bawaslu Kab Mamuju, Faisal Jumalang mengaku sangat bangga menjadi bagian dari kegiatan ini, karena inilah kesempatan kami selaku pengawasan untuk mensosialisasikan bagaimana melakukan pencegahan pelanggaran di lapangan.

Kami Bawaslu akan menjamin alat perekam tidak akan lolos masuk kedalam bilik suara pada saat pencoblosan, Ingat! kami akan jamin itu,” tegas Faisal.

Dalam kesempatannya Ketua IJS Sulbar, Irham Azis S.I.P selaku penanggung jawab kegiatan sangat mengapresiasi seluruh panitia yang telah berpartisipasi hingga terselenggaranya acara ini.

“Sebab dialog publik ini sangat penting dilaksanakan demi memberikan pemahaman terhadap kaum Milenial khususnya pemilih pemula agar berbondong- bondong ke TPS pada Pileg dan Pilpres 17 April mendatang demi suksesnya tingkat partisipasi pemilih nantinya.

“Inisiatif ini segaja kami galakkan, guna membantu penyelenggara Pemilu. Khususnya menggalang partisipasi pemilih pemula agar tak golput. Yang di balut dalam dialog agar edukasi persuasi lebih efektif, tapi menarik,” ungkap Irham.

Diakhir acara Ketua IJS membacakan Deklarasi Bersama yang diikuti oleh seluruh Narasumber dan para peserta dari kalangan Pelajar/ Mahasiswa dan semua OKP, serta para awak Media. (**)